Tips Work From Home Produktif di Masa Pandemi – Seperti yang sudah diketahui, pada Rabu (6/1/2021) kemarin, Pemerintah Pusat memutuskan untuk melaksanakan pelaksanaaan pembatasan kegiatan masyarakat di Jawa dan Bali yang dimulai 11 Januari kemarin. Salah satu pembatasan yang diterapkan ialah sistem Work from Home sebesar 75% dari kapasitas bagi perkantoran. Upaya ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus Corona dan terhindar dari Covid-19.
Bekerja di rumah tentu saja bukan perkara yang mudah, sebab dibutuhkan manajemen waktu yang baik agar pekerjaan bisa selesai seusai dengan timeline yang sudah ditetapkan.
Belum lagi Anda juga dituntut harus bisa membagi waktu antara pekerjaan kantor dan urusan rumah, seperti memasak, memenuhi kebutuhan semua anggota keluarga, mengurus sekolah anak-anak, dan berbagai hal lainnya.
Table of Contents
7 Tips Work From Home Produktif di Masa Pandemi
Lalu bagaimana agar Work from Home Anda bisa tetap produktif dan efektif? Berikut tips dan triknya.
1. Tetap Mengacu Pada Jam Kerja Kantor
Untuk mempertahankan produktivitas Anda, tetaplah mulai bekerja seperti jam masuk kantor. Anda harus tetap bekerja pada pukul 08.00-17.000 jika memang Anda bekerja pada jam tersebut. Jangan bangun siang, tetap bangun seolah Anda akan berangkat bekerja. Usahakan untuk mandi dan beraktivitas seperti biasa. Dengan begitu Anda membantu otak untuk menstimulus kalau Anda bekerja ke kantor sehingga produktivitas Anda terjaga.
2. Buat To-Do-List dan Jadwal Harian
Salah satu hal tersulit ketika bekerja di rumah adalah time management karena sulit memisahkan waktu untuk bekerja dan waktu untuk urusan personal. Salah satu cara untuk mengatur waktu dengan efisien adalah dengan membuat to-do-list atau daftar kegiatan apa yang Anda lakukan selama seharian.
Tetapkanlah apa saja yang menjadi prioritas utama dan apa yang harus diselesaikan hari itu. Sehingga akan memudahkan Anda menemukan alur yang jelas untuk memulai bekerja. Daftar ini juga bisa membantu Anda menyingkirkan hal-hal tidak penting yang dapat menurunkan produktivitas sehingga Anda dapat fokus menyelesaikan pekerjaan selama jangka waktu tertentu.
3. Miliki Tempat Kerja Sendiri
Saat Anda bekerja dari rumah, usahakan untuk memiliki ruang tersendiri untuk bekerja. Salah satu tips work from home adalah dengan menghindari kebisingan maupun gangguan dari orang-orang rumah. Jika memang orang rumah memiliki keperluan dengan Anda, usahakan untuk menghubungi Anda via smartphone. Seperti menelpon atau melalui instant message.
Ruang kerja akan membuat Anda terasa bekerja di kantor. Sehingga memudahka Anda agar tetap fokus dengan pekerjaan utama Anda, tanpa ada gangguan-gangguan dan godaan untuk melakukan aktivitas lain.
4. Tentukan Waktu Istirahat
Biasanya waktu akan berjalan begitu cepat saat Anda bekerja di rumah, dibandingkan dengan bekerja di kantor. Untuk itu jangan biarkan diri Anda tenggelam dalam pekerjaan dan lupa untuk beristirahat. Saat menentukan waktu istirahat ini, Anda bisa memanfaatkannya untuk makan, beristirahat sejenak, bersosialisasi dengan keluarga, hingga mengerjakan pekerjaan rumah atau hobi yang Anda sukai.
5. Hindari Keluar Rumah untuk Aktivitas Lain
Bekerja dari rumah, bukan berarti Anda bebas untuk bepergian kemana pun. Saat itu Anda bukan berarti menjadi freelancer namun tetap menjadi karyawan full time. Jadi Anda tidak bisa berkeliaran secara bebas kemana pun. Tetap fokus pada pekerjaan.
6. Tetap Menjaga Kesehatan
Jangan lupa untuk menjaga kesehatan dengan makan tepat waktu dengan gizi yang seimbang, minum air putih yang cukup dan jaga kebersihan. Selanjutnya jika Anda sudah merasa lelah dan tidak bisa fokus, berhentilah sejenak saat waktunya istirahat. Mengobrol dengan keluarga, berjalan di halaman rumah, bermain dengan hewan peliharaan sebelum kembali bekerja dan penting juga untuk mengatur waktu untuk berinteraksi dengan teman untuk berdiskusi mengenai hal lain di luar pekerjaan.
7. Manfaatkan Teknologi
Penggunaan teknologi memang semakin mendukung cara kerja work from home. Selain perangkat keras berupa laptop maupun mouse, Anda juga dapat memanfaatkan google hangout dan zoom untuk melakukan meeting dengan atasan atau rekan kerja atau berkomunikasi dengan klien. Anda juga harus memastikan bahwa memiliki jaringan internet yang baik, jangan sampai meeting Anda terganggu karena jaringan yang buruk.
Jika Anda seorang pemilik usaha, Anda dapat mulai beralih dari cara manual ke cara digital. Anda dapat memanfaatkan program toko berbasis cloud seperti IPOS dalam memproses segala aktivitas dan transaksi usaha Anda secara keseluruhan. IPOS dapat diimplementasikan dalam berbagai jenis usaha Anda.
Coba gratis IPOS di sini dan rasakan kemudahan Work from Home bersama IPOS sekarang.
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 4, IPOS 5