...
Strategi Pemasaran Restoran ini Terbukti Efektif, Catat!

Strategi Pemasaran Restoran ini Terbukti Efektif, Catat!

Strategi Pemasaran Restoran ini Terbukti Efektif, Catat! – Sekitar empat sampai lima tahun yang lalu, untuk bersantap makanan dari restoran, kebanyakan pelanggan harus mendatangi restoran dan kafe yang dituju. Akses untuk mendapatkan makanan dengan cara yang lebih cepat belum tersedia seperti sekarang, di mana layanan pesan-antar online sudah marak. Hal tersebut juga mengubah model bisnis F&B yang awalnya tradisional kini menjadi sebuah model bisnis yang lebih modern.

Mengapa Strategi Pemasaran untuk Restoran itu Penting?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, model bisnis F&B dan restoran kini telah diubah karena munculnya teknologi. Para pemilik restoran tidak bisa lagi tergantung pada pemasaran tradisional untuk mengembangkan restorannya.

Keterbukaan akses seperti ini membuat semakin banyak pelanggan yang memilih memesan makanan melalui layanan pesan-antar online dibandingkan harus datang dan duduk di restoran. Hal ini tentunya membuat bisnis quick service restaurants (QSR) atau restoran cepat saji berkembang pesat. Pemain bisnis restoran cepat saji yang baru pun banyak bermunculan. Persaingan di industri ini juga menjadi lebih ketat.

Agar dapat bersaing dengan kompetitor, banyak restoran baru yang memutuskan untuk memberikan promo dan diskon untuk menarik pelanggan. Meskipun terbilang efektif, pemasangan promo dan diskon merupakan strategi yang butuh modal cukup besar. Belum lagi, cara ini juga digunakan oleh kompetitor lain. Sebagian besar restoran juga nampaknya akan mengambil keuntungan dari media digital dan teknologi mobile. Sementara sebagian lagi masih berjuang untuk mendapatkan strategi pemasaran restoran yang efektif.

Berikut ini 7 strategi pemasaran restoran yang dapat Anda lakukan agar usaha restoran Anda dapat bersaing dengan dengan kompetitor.

7 Strategi Pemasaran Restoran yang Bisa Dilakukan Para Pemilik

Strategi Pemasaran Restoran Kreatif Melalui Media Sosial atau Website

Menggugah selera makan seseorang sangat mungkin dilakukan melalui gambar dan video. Tidak ada media yang sosial yang dikatakan paling pas untuk memposting gambar atau video masakan restoran Anda selain Instagram dan Facebook. Pastikan Anda menggunakan foto atau video dengan kualitas tinggi. Anda juga bisa memanfaatkan paid advertising seperti Facebook Ads atau Instagram Adas untuk menjangkau para pelanggan jika memang restoran Anda membutuhkannya.

Selain foto atau video masakan, Anda juga bisa menggambarkan seperti apa nyamannya suasana restoran Anda. Metode strategi satu ini dapat dilakukan jika Anda menjalankan bisnis coffe shop atau restoran etnik yang cocok untuk tempat nongkrong atau rapat dengan klien.

Buatlah Website yang Atraktif

Website adalah tempat di mana pelanggan mencari informasi selengkap mungkin mengenai restoran Anda. Maka dari itu, jangan lupa untuk mencantumkan informasi selengkap mungkin di website Anda. Informasi yang dimaksud berupa menu makanan, nomor telepon atau Whatsapp yang bisa dikontak, alamat lengkap restoran, hingga jam buka restoran.

Tidak hanya tentang informasi yang tercantum harus lengkap, tampilan website Anda juga haruslah memikat dan mempresentasikan restoran. Jangan sampai tampilan website dan tema restoran Anda bertolak belakang. Seperti isi website Anda menggambarkan tema kekeluargaan, padahal kenyataannya restoran penuh dengan anak kuliahan. Tentu Anda tidak ingin mengecewakan para pelanggan yang datang ke restoran Anda bukan?

Pasang Iklan di Koran Lokal

Mungkin ketika membaca strategi pemasaran restoran yang ini, Anda akan bertanya-tanya “siapa yang baca koran di jaman sekarang?”

Jangan salah! Iklan di koran, terutama koran lokal masih menjadi media yang efektif untuk memperkenalkan bisnis restoran Anda di masyarakat sekitar.Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan memuat artikel yang membahas mengenai restoran Anda. Penggambaran yang apik mengenai suasana restoran, serta deskripsi yang mendetail tentang lezatnya makanan Anda cukup ampuh untuk membuat pembaca artikel tersebut meneteskan air liur.

Kirim E-mail Pemberitahuan

Tidak ada salahnya untuk menawarkan pengunjung Anda mengisi form data diri yang terdiri dari email dan nomor telepon. Dengan demikian saat Anda menciptakan menu baru atau sedang mengadakan promo, pelanggan Anda bisa langsung tahu saat mereka membuka emailnya.

Namun jika Anda memutuskan untuk menggunakan strategi pemasaran satu ini untuk restoran Anda, pastikan konten email Anda menarik dibaca. Selain itu hindari mengirim email setiap hari yang justru menggangu pelanggan Anda dan kemudian menilai Anda sebagai spammer.

Baca juga : Restoran Pizza Untung Banyak dengan 6 Strategi Jitu Ini 

Menjaga Kualitas Produk dan Pelayanan

Kualitas merupakan harga mati dalam berbisnis. Baik produk maupun pelayanan, kualitasnya harus dijaga dan ditingkatkan. Agar kualitas tetap terjaga, Anda harus menerapkan aturan yang ketat dalam proses produksi hingga packaging menu makanan. Terapkan nilai-nilai terkait menjaga kualitas kepada seluruh pegawai restoran. Anda juga bisa mulai berinvestasi untuk melatih karyawan. Tidak perlu mahal dengan membayar trainer, Anda dapat menjadi pelatih bagi karyawan restoran Anda sendiri. Cukup luangkan waktu untuk memberikan pelatihan soal menjaga mutu produk atau layanan. Jangan lupa juga untuk merencanakan kurikulum pelatihan yang terstruktur.

Gelar Acara Spesial

Acara spesial yang dimaksud antara lain adalah bedah buku, nonton bareng siaran sepakbola, atau diskusi film terbaru. Strategi pemasaran satu ini cukup efektif untuk meramaikan restoran Anda, apalagi jika acara tersebut diadakan bertepatan dengan soft opening restoran Anda. Jangan lupa mengundang tamu spesial di acara tersebut. Seperti penulis buku untuk acara bedah buku, atau atlet ternama untuk acara nonton bareng siaran sepakbola.

Strategi Pemasaran Restoran dengan Loyalty Program

Menjalankan loyalty program tidak perlu pusing. Anda bisa mendaftarkan restoran Anda di aplikasi seperti Grab dan Gojek untuk menawarkan promosi kepada calon pelanggan di sekitar Anda. Strategi pemasaran satu ini biasanya beripa promosi beli dua gratis satu atau makan gratis setelah pembelian ke-10. Buatlah promosi sekreatif mungkin agar pengunjung restoran Anda ke depannya bisa menjadi pelanggan setia.

IPOS hadir untuk membantu Anda fokus dalam memberikan pelayanan bisnis. Dengan fitur Point Pelanggan sebagai salah satu fitur yang disediakan IPOS, Anda dengan mudah dapat menyusun usaha, membuat loyalty program untuk restoran Anda.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang fitur Point Pelanggan IPOS yang bisa bantu strategi pemasaran restoran Anda? Coba gratis IPOS di sini.

Kata kunci : Aplikasi kasir, Aplikasi kasir terbaik, aplikasi kasir murah, aplikasi kasir android, software toko gratis, software toko grosir, ipos, ipos 4, ipos 5