...
Strategi Menaikkan Harga Tanpa Takut Kehilangan Pelanggan

Strategi Menaikkan Harga Tanpa Takut Kehilangan Pelanggan

Strategi Menaikkan Harga Tanpa Takut Kehilangan Pelanggan – Dalam dunia bisnis, menaikkan harga sah-sah saja. Akan tetapi, Anda perlu waspada dengan dampaknya. Pelanggan yang melirik pesaing merupakan salah satu dampak yang akan ditimbulkan. Maka dari itu, Anda harus memiliki strategi jitu untuk menaikkan harga jual produk.

Di tengah persaingan yang begitu ketat, memang tidak mudah untuk mempertahankan pelanggan. Namun, percayalah bahwa akan selalu ada pelanggan loyal yang lebih mementingkan kualitas dan layanan daripada sekadar harga.

Untuk menghindari dampak dari kenaikan harga, maka Anda perlu menggunakan strategi yang tepat untuk menyiasatinya. Berikut ini strategi menaikkan harga yang bisa Anda lakukan.

5 Strategi Menaikkan Harga Tanpa Takut Kehilangan Pelanggan

Strategi 1 : Informasikan Terlebih Dahulu ke Pelanggan

Pelanggan adalah salah satu elemen penting di dalam sebuah bisnis. Adanya kenaikan harga akan langsung berdampak pada keputusan mereka untuk membeli sebuah produk. Maka dari itu, sebagai strategi menaikkan harga yang pertama, Anda perlu menginformasikan kepada pelanggan mengenai rencana kenaikan harga agar mereka memahami keputusan Anda.

Jangan membuat keputusan penting tanpa melibatkan konsumen.

Anda bisa mensosiliasikan perubahan harga tersebut melalui media online, seperti e-mail, broadcast, media sosial, ataupun toko online. Anda juga bisa membuat banner atau semacam iklan yang berisi tentang rencana perubahan harga tersebut di masa yang akan datang.

Strategi 2 : Jelaskan Keuntungan Bukan Alasan Anda Menaikkan Harga

Jangan pernah Anda menyalahkan inflasi.

Sebaliknya, jelaskan kepada pelanggan Anda mengenai keuntungan-keuntungan yang mereka dapatkan atau value-added yang diberikan dengan adanya kenaikan harga tersebut. Anda perlu memikirkan kondisi psikologis pelanggan. Tidak ada orang yang mau membayar lebih mahal tanpa adanya keuntungan tambahan yang bisa mereka peroleh.

Brand image sebuah usaha akan memengaruhi keyakinan psikologis konsumen untuk terus membeli barang yang dihasilkan oleh perusahaan. Dengan brand image yang baik, pelanggan akan selalu yakin bahwa produk Anda yang terbaik di bidangnya. Sehingga mereka tidak terlalu mempermasalahkan adanya kenaikan harga karena kepuasan dan kepercayaan yang dirasakannya.

Strategi 3 : Beri Penjelasan Secara Jujur Mengapa Anda Menaikkan Harga

Biasanya, setelah pengumuman mengenai kenaikan harga, pelanggan akan bertanya-tanya mengenai detail kenaikan harga tersebut. Memberikan penjelasan kepada pelanggan secara jujur akan membantu pelanggan untuk memahami alasan kenaikan harga tersebut.

Berikan penjelasan dengan jujur dan logis mengapa perusahan perlu menaikkan harga. Penjelasan Anda haruslah masuk akal dan tidak berkesan dibuat-buat, karena mereka akan terus membandingkan harga Anda dengan pesaing.

Strategi 4 : Berikan Bonus atau Hadiah

Kadang kala ketika pelanggan mengetahui kenaikan terjadi pada sebuah produk, mereka akan mengurungkan niatnya untuk membeli. Untuk mensiasati masalah tersebut, Anda dapat memberikan bonus spesial berupa kupon undian atau hadiah.

Strategi menaikkan harga ini dilakukan agar pelanggan berpikir walaupun ada sedikit kenaikan, namun keuntungan yang didapat masih lebih banyak. Anda juga dapat menyiasatinya dengan memberikan bonus tertentu dengan minimal pembelian tertentu. Dengan strategi ini diharapkan dapat menjadikan pelanggan Anda tetap loyal.

Strategi 5 : Berikan Touch Up Pada Produk

Strategi menaikkan harga yang terakhir adalah memberikan sentuhan baru pada produk Anda.

Contohnya dengan membuat kemasan baru yang lebih menarik, memperbarui kualitas kemasan dan mempercantik packaging untuk pengiriman barang. Bahkan bisa juga dengan membuat tampilan baru pada toko online dan akun media sosial bisnis Anda. Sehingga, pelanggan merasa kenaikan harga sesuai dengan peningkatan kualitas dan pelayanan Anda.

Karena sifat konsumen adalah selalu ingin mendapatkan lebih dari apa yang dapat mereka berikan dan tidak ingin dirugikan, maka untuk menaikkan harga sebuah produk atau barang, pihak perusahaan harus melakukan perhitungan dengan baik.

Di atas adalah beberapa tips ataupun strategi yang bisa Anda lakukan untuk menaikkan harga barang atau produk tanpa harus kehilangan pelanggan. Pelajari bagaimana mengelola dan mengatur inventory Anda dengan lebih mudah menggunakan fitur-fitur yang ada di IPOS.

Yuk, jadwalkan demo langsung dengan tim profesional Trigonal Software untuk mendapatkan pemahaman lebih lanjut tentang penggunaan IPOS.

Coba gratis IPOS di sini.

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4