Pengguna Informasi Akuntansi, Ada Siapa Saja Ya?

Pengguna Informasi Akuntansi, Ada Siapa Saja Ya?

Pengguna Informasi Akuntansi, Ada Siapa Saja Ya? – Banyak setiap perusahaan menggunakan Informasi akuntansi, informasi yang dibutuhkan biasanya tergantung pada jenis keputusan yang dibuat oleh pengguna informasi akuntansi. Oleh karena itu, sistem informasi akuntansi harus dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan sebuah laporan yang memenuhi kebutuhan informasi setiap pihak yang berkepentingan.

Siapa Saja Pengguna Informasi Akuntansi?

Lantas, siapa sajakah para pengguna informasi akuntansi? Mereka dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu Pengguna Internal dan Pengguna Eksternal.

PENGGUNA INTERNAL

Pengguna Data Akuntansi

Pengguna internal informasi adalah para manajer yang merencanakan, mengorganisasikan, dan mengelola suatu bisnis. Mereka antara lain adalah Manajer Pemasaran, Supervisor Produk, Direktur Keuangan, dan Pejabar Perusahaan. Dalam menjalankan suatu bisnis, para pengguna harus menjawab banyak pertanyaan penting, seperti :

  • Apakah jumlah kas cukup untuk membayar tagihan?
  • Mampukah kita memberikan kenaikan gaji untuk karyawan tahun ini?
  • Lini produk apakah yang paling menguntungkan?
  • Berapakah biaya produksi masing-masing unit produk?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut maupun pertanyaan lainnya, pengguna membutuhkan informasi yang rinci dan tepat waktu. Itulah mengapa mereka memerlukan informasi keuangan yang disajikan bentuk laporan keuangan.

PENGGUNA EKSTERNAL

Terdapat beberapa jenis pengguna eksternal informasi akuntansi, diantaranya :

(a) Investor menggunakan informasi akuntansi guna membuat keputusan untuk membeli, menahan, dan menjual sahamnya.

(b) Kreditor seperti pemasok dan baker menggunakan informasi akuntansi guna mengevaluasi risiko pemberian kredit atau pinjaman.

Beberapa pertanyaan yang dapat dilontarkan oleh investor dan kreditor mengenai sebuah perusahaan, diantaranya :

  • Apakah perusahaan mendapatkan laba yang memuaskan?
  • Apakah perusahaan mampu melunasi utang-utangnya pada saat jatuh tempo?
  • Bagaimana ukuran dan profitabilitias perusahaan jika dibandingkan dengan para pesaingnya?

(c) Pemegang kebijakan/ Pemerintah, pusat pemerintah dan negara tertarik dengan laporan keuangan untuk mengetahui berapa pendapatan perusahaan dengan tujuan menghitung jumlah pajak yang harus dibayarkan.

(d) Serikat Pekerja ingin mengetahui apakah para pemilik dapat membayar kenaikan upah dan tunjangan.

(e) Perencana Ekonomi menggunakan informasi akuntansi untuk meramalkan aktvitas perekonomian.

(f) Konsumen (pelanggan). Partner bisnis perusahaan menggunakan informasi akuntansi dalam rangka evaluasi terhadap hubungan dagang atau usaha yang akan datang.

Itulah penjelasan secara singkat siapa saja para pengguna informasi akuntansi dari pihak internal dan eksternal. Seperti yang sudah kita ketahui, laporan keuangan yang menyajikan seluruh informasi akuntansi bisnis Anda sangatlah penting. Namun, memang perlu kita akui dalam proses pembuatan laporan keuangan memakan waktu yang cukup lama jika masih dilakukan secara manual.

Maka dari itu, gunakanlah software toko yang sudah terintegrasi dengan akuntansi seperi IPOS untuk membantu penyajian data akuntansi bisnis Anda. IPOS akan memudahkan Anda dalam mengelola sistem informasi akuntansi dan kebutuhan akuntansi lainnya, sehingga waktu Anda tidak akan terbuang sia-sia. IPOS akan membantu bisnis Anda dalam meningkatkan kinerja perusahaan dalam membereskan pembukuan secara akurat dan real time.

Pembuatan Laporan Keuangan Lebih Mudah dengan Software IPOS

Untuk mendukung para pengusaha membuat laporan keuangan yang akurat dan fleksibel, Software IPOS memiliki fitur Laporan Keuangan yang dapat menyediakan Laporan Keuangan dengan cepat, mudah dan akurat. Software IPOS adalah Software Point of Sales yang sudah terintegrasi dengan Software Akuntansi.

Foto-Produk-IPOS

Fitur Program IPOS sangat lengkap yaitu terdiri dari: laporan keuangan lengkap, master data, penjualan, pembelian, perakitan, persediaan, dan lain sebagainya. Tunggu apalagi? Yuk, gunakan Program IPOS untuk mengelola akuntansi bisnis Anda.

Coba gratis IPOS di sini.

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4

Saya mau bertanya ke WhatsApp sales IPOS

atau

Saya mau coba gratis IPOS

 

 

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 16.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off
Copyright © 2024 Trigonal Software