Peran Divisi Keuangan untuk Pembuatan Business Plan

Peran Divisi Keuangan untuk Pembuatan Business Plan

Peran Divisi Keuangan untuk Pembuatan Business Plan – Setiap badan usaha baik kecil maupun besar tentunya memiliki divisi khusus yang menangani masalah pengelolaan keuangan. Divisi keuangan merupakan salah satu bagian vital yang penting dalam suatu badan usaha untuk mengelola, menyajikan serta melaporkan semua masalah keuangan perusahaan. Divisi keuangan memiliki banyak peran penting bagi perusahaan seperti pengelolaan arus kas, pembiayaan, perpajakan, utang piutang hingga pembuatan business plan. Salah satu peran divisi keuangan yang penting adalah pembuatan business plan bagi keberlangsungan hidup perusahaan.

Divisi keuangan akan menentukan bagaimana perencanaan keuangan yang baik sebagai modal awal dalam pembuatan business plan.

Business plan sendiri merupakan sebuah perencanaan bisnis yang dibuat oleh manajemen perusahaan agar usaha yang dijalankan dapat berkembang, terarah  dan menguntungkan di masa mendatang. Business plan biasanya hanya bersifat konseptual yang meliputi kata dan angka untuk memperhitungkan perkiraan kedepannya.

Berikut ini peran divisi keuangan dalam pembuatan business plan yang baik untuk perusahaan yang perlu Anda ketahui.

Peran Divisi Keuangan dalam Pembuatan Business Plan

Proyeksi Keuangan

Divisi keuangan bertanggung jawab untuk mengembangkan proyeksi keuangan yang realistis untuk business plan. Mereka akan menganalisis data historis, tren pasar, dan perkiraan industri untuk merumuskan proyeksi pendapatan, biaya, dan arus kas yang akurat.

Proyeksi ini akan membantu dalam mengevaluasi kelayajan keuangan rencana bisnis dan memberikan perkiraan tentang seberapa cepat bisnis dapat menghasilkan laba atau mencapai titik impas.

Peran Divisi Keuangan untuk Analisis Investasi

Divisi keuangan akan melakukan analisis investasi terhadap rencana bisnis yang diajukan. Mereka akan mengevaluasi pengembalian investasi yang diharapkan, risiko yang terkait, dan waktu pengembalian modal. Dengan menggunakan metode evaluasi investasi seperti Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), dan Payback Period, divisi keuangan dapat membantu dalam menentukan apakah proyek bisnis tersebut layak untuk dikejar atau tidak.

Peran Divisi Keuangan sebagai Sumber Pendanaan

Salah satu hal penting yang dilakukan divisi keuangan adalah mengidentifikasi dan mengevaluasi opsi pendanaan yang mungkin untuk mendukung rencana bisnis. Mereka akan menilai kebutuhan modal, mencari sumber pendanaan eksternal seperti pinjaman bank, penerbitan saham, dan modal ventura.

Divisi keuangan juga akan mengevaluasi implikasi dari penggunaan sumber pendanaan yang berbeda terhadap struktur modal, biaya modal, dan dampaknya terhadap nilai perusahaan.

Analisis Risiko Keuangan

Divisi keuangan akan melakukan analisis risiko keuangan terhadap business plan. Mereka akan mengidentifikasi risiko yang mungkin timbul. Seperti fluktuasi pasar, perubahan regulasi, atau risiko keuangan lainnya. Dengan memahami risiko ini, divisi keuangan dapat mengembangkan strategi mitigasi yang tepat, seperti cadangan dana darurat, asuransi, atau instrumen keuangan lainnya untuk melindungi perusahaan dari dampak yang merugikan.

Peran Divisi Keuangan dalam Pengawasan dan Pemantauan

Setelah business plan disetujui dan diimplementasikan, divisi keuangan akan memainkan peranan penting dalam pengawasan dan pemantauan kinerja keuangan bisnis. Mereka akan melacak pencapaian terhadap proyeksi keuangan, menganalisis laporan keuangan rutin, dan memberikan informasi kepada manajemen tentang kinerja bisnis secara finansial. Divisi keuangan juga akan terus memperbarui dan merevisi business plan sesuai dengan perubahan kondisi.

Itu dia kelima peran divisi keuangan dalam pembuatan business plan yang perlu Anda ketahui. Memiliki business plan sama halnya dengan memiliki sebuah perencanaan keuangan. Untuk memudahkan penghitungan keuangan dalam perencanaan Anda bisa mulai dengan menggunakan IPOS.

IPOS dilengkapi dengan laporan keuangan, fitur pencatatan, dan kontrol stok yang sangat berguna dalam pengoperasionalan bisnis sehari-hari.

Miliki kemitraan keuangan handal dengan IPOS, dan coba gratis IPOS di sini sekarang juga!

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4

Saya mau bertanya ke WhatsApp sales IPOS

atau

Saya mau coba gratis IPOS

 

 

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 16.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off
Copyright © 2024 Trigonal Software