Laporan Penjualan Informatif, Mengoptimalkan Kinerja Bisnis

Laporan Penjualan Informatif, Mengoptimalkan Kinerja Bisnis

Laporan Penjualan Informatif, Mengoptimalkan Kinerja Bisnis РLaporan penjualan atau yang juga dikenal sebagai sales report merupakan salah satu hal yang begitu penting dalam proses kegiatan bisnis ataupun usaha. Baik usaha dengan skala kecil maupun dengan usaha yang memiliki skala besar pastinya membutuhkan laporan satu ini.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan kami jabarkan informasi lebih lengkap lagi mengenai laporan penjualan. Mulai dari pengertiannya, fungsi dan manfaatnya, jenis-jenis hingga 3 langkah mudah membuatnya. Pastikan Anda menyimak hingga selesai, ya!

Pengertian Laporan Penjualan?

Mengutip dari laman Gartner, laporan penjualan adalah sebuah dokumen yang menggambarkan berapa banyak penjualan yang dibuat oleh perusahaan. Dokumen ini dapat digunakan untuk memantau ketercapaian atau key performance indicators (KPI), yang digunakan untuk mengukur progress kerja setiap perwakilan penjualan.

Dokumen ini juga berguna bagi banyak pihak di perusahaan, mulai dari tim penjualan, manajemen, hingga pimpinan perusahaan. Di mana data akan digunakan sebagai sumber informasi untuk melihat tren pasar dan menjadi bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan.

Fungsi dan Manfaat Laporan Penjualan

Setiap laporan keuangan yang dibuat oleh perusahaan tentu memiliki manfaatnya masing-masing. Begitu pun dengan laporan penjualan. Dokumen ini adalah jendela ke dalam kesehatan finansial perusahaan Anda. Mereka akan memberi Anda wawasan tentang berapa banyak produk atau layanan yang terjual, seberapa cepat barang dagangan Anda berputar, dan seberapa baik penjualan Anda berjalan dalam periode waktu tertentu.

Manfaat lain dari dokumen satu ini adalah :

Menggambarkan Kondisi Bisnis

Laporan ini berisikan riwayat transaksi yang terjadi dalam suatu bisnis sehingga kondisi untung atau rugi akan tergambarkan secara jelas. Dengan begitu Anda bisa mengukur seberapa baik tim Anda dan apakah Anda telah mencapai target penjualan atau belum.

Sebagai Bahan Evaluasi

Karena dokumen satu ini berisikan informasi penting terkait kondisi bisnis, maka pihak manajemen atau pimpinan perusahaan dapat merespons dengan cepat dan tepat guna mencari jalan keluar atau solusi. Dengan begitu, perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan evaluasi terhadap strategi yang dijalankan sebelumnya.

Meningkatkan Produktivitas

Setelah mengetahui kondisi bisnis dan melakukan evaluasi, perusahaan dapat menentukan langkah dan strategi apa yang akan diambil. Selain itu, perusahaan juga dapat memaksimalkan kinerja dan produktivitas seluruh pihak yang terlibat dalam perusahaan berdasarkan analisis data laporan penjualan yang didapat oleh perusahaan.

Sebagai Bentuk Pertanggungjawaban

Laporan penjualan merupakan bentuk pertanggungjawaban atas setiap transaksi penjualan yang terjadi. Karena itu, laporan keuangan harus dibuat seakurat mungkin guna menghindari adanya kesalahan pencatatan.

Menunjukkan Kredibilitas Perusahaan

Dokumen ini juga dapat dikatakan sebagai indikator bahwa perusahaan memiliki kredibilitas dan telah dikelola secara profesional. Apabila perusahaan ingin mencari tambahan modal, laporan ini dapat berperan untuk memikat dan meyakinkan investor atau kreditur terkait pertumbuhan bisnis.

Jenis-Jenis Laporan Penjualan

Terdapat empat jenis berdasarkan rentang waktu yang ingin dibahas, yaitu :

Laporan Penjualan Harian

Laporan ini menggunakan metrik proses untuk melacak performa keseharian dari satu orang perwakilan, satu lokasi bisnis, atau keseluruhan tim. Di mana metrik pada penjualan ini terbagi atas metrik proses dan metrik hasil.

Metrik proses adalah sesuatu yang dapat dikontrol langsung oleh perwakilan penjualan, seperti e-mail penjualan yang dikirim dan panggilan yang dilakukan. Sementara metrik hasil adalah sesuatu seperti pendapatan yang tidak dapat dikontrol langsung oleh perwakilan penjualan, contohnya laba dan jumlah barang yang terjual.

Laporan Penjualan Mingguan

Laporan ini berisi metrik proses maupun metrik hasil. Hal ini berguna untuk meningkatkan performa kerja karena dapat memuat efek dari variasi penjualan sehari-harinya dan masih memungkinkan untuk diberikan timbal balik secara cepat.

Laporan Penjualan Bulanan

Jenis dokumen satu ini memberikan sudut pandang yang lebih luas mengenai progress tim penjualan, yang mana datanya dapat dipresentasikan ke hadapan manajemen dan pimpinan perusahaan. Data laporan penjualan bulan memuat informasi detail yang dapat digunakan untuk mengatur strategi penjualan.

Laporan Penjualan Tahunan

Perusahaan juga dapat merilis laporan keuangan setiap kuartal atau tahunan. Dalam dokumen ini, terdapat data penjualan dari seluruh tim penjualan di perusahaan. Di mana hal ini berguna untuk memhaami musim tren dan menentukan strategi jangka panjang.

Langkah-Langkah Membuat Laporan Penjualan

Secara sederhananya, pembuatan laporan penjualan dapat dilakukan dengan langkah-langakh sebagai berikut.

  1. Menetapkan Tujuan Pembuatan Laporan

Sebelum membuat laporan, Anda harus menentukan tujuan dari pembuatan laporan itu sendiri. Beberapa hal yang perlu ditentukan meliputi penerima laporan dan rentang waktu yang akan dibahas. Hal ini agar dokumen ini tidak sekadar menjadi alat menghitung laba-rugi, melainkan juga dapat dijadikan sebagai bahan analisa penjualan.

  1. Mengumpulkan Bukti Transaksi

Langkah selanjutnya, Anda perlu mengumpulkan seluruh bukti transaksi yang terjadi sesuai rentang waktu yang telah ditentukan. Penting juga untuk mengurutkan bukti tersebut sesuai dengan tanggal transaksi.

  1. Menyusun Laporan

Penyusunan laporan dapat dimulai dengan menuliskan rangkuman penjualan, kemudian dilanjutkan dengan merincikan angka penjualan dan angka per pelanggan. Setelahnya, jelaskan hasil penjualan yang berisi semua nilai dan data yang relevan.

Anda juga perlu menyiapkan laporan keuangan yang lain, seperti laporan laba rugi. Setelah semua siap, dokumen tersebut bisa Anda catata atau masukkan dalam aturan debit dan kredit.

Kini Anda telah mengetahui bahwa informasi yang ada di laporan penjualan digunakan oleh perusahaan sebagai bahan evaluasi dan pertimbangkan untuk pengambilan keputusan. Karena itu, pembuatan laporan ini harus dilakukan secara terperinci, akurat, dan mudah dibaca sehingga data yang disajikan lebih transparan dan memudahkan Anda untuk membuat jenis laporan keuangan yang lain.

Untuk itu, software IPOS hadir untuk mempermudah proses pembukuan dan pembuatan laporan keuangan.

IPOS merupakan software kasir yang sudah terintegrasi dengan akuntansi sehingga mampu menyediakan berbagai jenis laporan keuangan yang dibutuhkan bisnis. Berbagai fitur-fitur canggih di dalamnya juga memudahkan Anda dalam kegiatan operasional sehari-hari bisnis.

Coba gratis IPOS di sini dan rasakan betapa mudahnya pengelolaan keuangan yang praktis dan akurat sekarang!

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah distributor software bisnis untuk membantu UMKM Indonesia.

Jam Kantor (WIB) :

Senin – Jum’at : 09.15 – 17.00
Sabtu : 09.00 – 12.00

Office :

Jl. Kemang Kenanga 1 Blok CG/3 Kemang Pratama 5, Kota Bekasi.
Kode Pos 17117

Copyright © 2023 Trigonal Software