Karakter Dasar Akuntan yang Harus Dimiliki, Anda Wajib Tahu!

Karakter Dasar Akuntan yang Harus Dimiliki, Anda Wajib Tahu!

Karakter Dasar Akuntan yang Harus Dimiliki, Anda Wajib Tahu! – Semakin berkembangnya bisnis, semakin banyak juga hal yang harus mengurus dan dikelola, salah satunya adalah keuangan.

Untuk mendorong keberhasilan bisnis, perusahaan harus menjaga kondisi keuangannya tetap stabil dengan cara mengelola keuangan dengan tepat, di sinilah peran akuntan dibutuhkan. Seorang akuntan yang baik adalah yang bisa membantu mengelola keuangan bisnis secara tepat. Berikut adalah beberapa karakter dasar yang harus dimiliki untuk menjadi seorang akuntan terbaik.

8 Karakter Dasar yang Dimiliki Akuntan Terbaik

Karakter Dasar : Teliti

Angka dan uang adalah dua hal terpenting dalam akuntansi. Di mana, seorang akuntan harus bisa menggunakan uang perusahaan secara akuntable atau dapat mempertanggungjawabkan.

Untuk menjadi akuntan yang handal, cobalah tanamkan pada diri Anda bahwa tidak teliti bisa menyebabkan masalah dan kegagalan. Dengan begitu, ketika Anda menjalankan aktivitas bisnis, Anda hanya boleh mengakui transaksi yang mendukung dengan bukti transaksi valid. Yaitu, angka harus sama persis dengan yang tertera dalam bukti transaksi.

Karakter Dasar : Detail

Untuk menjadi seorang akuntan yang teliti, berarti Anda juga harus melihat secara detail. Dalam masalah akuntansi, sifat detail ini terlihat dari bagaimana Anda mencatat suatu transaksi.

Seorang akuntan yang baik, tidak akan mencatat transaksi secara umum. Misalnya, supplier datang dengan membawa 1 truk berisi 500 minya goreng berukuran 2 liter dengna harga Rp.7.500.000. Sebagai seorang akuntan, Anda harus mencatatnya secara detail dengan satuan ukuran terkecil yaitu 1 mintak ukuran 2 liter = Rp.15.000.

Karakter Dasar : Logis

Meski akuntansi berkaitan dengan angka, tapi akuntansi bukanlah ilmu pasti, di mana masih bisa menggunakan prinsip dan asumsi. Karakter ini biasanya dibutuhkan akuntan ketika ingin mengambil keputusan, di mana mereka harus berpikir logis.

Dalam hal mengambil keputusan, seorang akuntan harus melihat bagaimana kondisi keuangan perusahaan melalui laporan keuangan. Oleh sebab itu, dalam kegiatan bisnis, biasanya seorang akuntan adalah orang yang paling banyak menggunakan logikanya dan tidak mudah menerima hal-hal yang tidak masuk akal.

Terukur

Tugas utama seorang akuntan dalam bisnis adalah mengukur kinerja perusahaan dari segi keuangan. Untuk melaksanakan tugas utama ini, seorang akuntan menuntut untuk berpikir, berbicara, bersikap, dan bertindak dengan terukur.

Misalnya, semua tindakan yang melakukan akuntan harus berdasarkan fakta dan data, minimal dengan logika yang terukur. Yaitu, sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia.

Karakter Dasar : Konsisten

Seorang akuntan yang baik berarti harus melakukan semua hal secara konsisten, mulai dari prosedur akuntansi, metode yang digunakan, satuan ukuran, format penyajian, dan lain sebagainya. Dalam kegiatan bisnis, biasanya seorang akuntan harus konsisten mengatakan tidak ketika ada seorang karyawan ingin meminta kasbon, atau ketika menerima permintaan belanja tanpa adanya PO (Purchase Order).

Disiplin

Tanpa ada kedisplinan, karakter yang konsisten tidak akan pernah bisa terwujud. Sebagai akuntan yang baik, Anda juga harus menanamkan sifat disiplin. Di mana, seorang akuntan tidak boleh menyepelekan data sekecil apapun, taat pada prosedur dan kebijakan perusahaan serta aturan pemerintah, dan juga taat pada standar dank ode etik akuntansi.

Disiplin dalam akuntansi, berarti juga harus disiplin waktu saat menyajikan laporan keuangan.

Karakter Dasar : Skeptis

Seorang akuntan yang baik, Anda tidak boleh percaya informasi dengan mudah tanpa adanya fakta dan data. Dalam kegiatan bisnis, seorang akuntan juga menuntut untuk tidak mudah mengatakan ‘iya’.  Di mana, standar minimal yang menggunakan akuntan adalah ‘apa iya’? Kemudian kumpulkan data dan lakukan data dan lakukan verifikasi untuk mengubah pertanyaan menjadi jawaban, ‘iya’ atau ‘tidak’.

Jujur

Kejujuran dalam hal terpenting dalam proses akuntansi. Kejujuran dalam akuntansi berarti seorang akuntan harus melaporkan kondisi keuangan perusahaan apa adanya dan tidak ada niat untuk melakukan kecurangan. Seorang akuntan juga harus jujur mengakui jika ada kesalahan atau terjadi kecurangan dalam keuangan perusahaan.

Itulah delapan karakter dasar yang harus dimiliki seorang akuntan yang baik dan handal. Setelah delapan karakter ini dimiliki, Anda dapat lebih mudah mempertanggungjawabkan laporan keuangan perusahaan dengan mudah.

Untuk mempermudah Anda dalam membuat laporan keuangan perusahaan, Anda dapat menggunakan software akuntansi IPOS. Dengan IPOS, Anda dapat membuat laporan keuangan dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman.

IPOS bukan hanya mebantu Anda perihal laporan keuangan saja, tapi juga bisa membantu Anda dalam pencatatan transaksi, kontrol stok barang di gudang, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa memanfaatkan IPOS untuk rancangan promosi bisnis Anda ke depannya.

Cobalah gratis IPOS di sini dan nikmati berbagai kemudahan menjadi seorang akuntan profesional terbaik.

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4

Saya mau bertanya ke WhatsApp sales IPOS

atau

Saya mau coba gratis IPOS

 

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 17.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off
Copyright © 2024 Trigonal Software