Jenis-jenis Laporan Keuangan yang Perlu Anda Ketahui.

Jenis-jenis Laporan Keuangan yang Perlu Anda Ketahui.

Jenis-jenis Laporan Keuangan yang Perlu Anda Ketahui – Untuk menjalankan bisnis tidak boleh sembarangan. Diperlukan pengetahuan yang memadai terkait usaha beserta aktivitas yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah persoalan laporan keuangan. Laporan keuangan secara sederhana adalah informasi mengenai keuangan sebuah perusahaan yang dapat digunakan untuk melihat bagaimana kinerja perusahaan tersebut dalam suatu periode tertentu. Perusahaan yang baik tentunya harus memiliki sistem pelaporan keuangan. Jika tidak memiliki laporan keuangan, akan kesulitan menganalisis apa yang terjadi dalam perusahaan, bagaimana kondisi dan posisi keuangan perusahaan.

Jenis-jenis Laporan Keuangan

Jenis-jenis laporan keuangan sangat banyak. Semuanya disesuaikan dengan bentuk transaksi yang terjadi di dalam perusahaan. Setidaknya ada empat jenis laporan keuangan dalam akuntansi yang perlu anda pelajari dan gunakan untuk mengetahui kondisi keuangan bisnis Anda.

Jenis-Jenis Laporan Keuangan : Laporan Laba Rugi

Sesuai dengan namanya, jenis laporan keuangan ini berfungsi untuk membantu Anda mengetahui apakah bisnis berada dalam posisi laba atau rugi. Laporan ini adalah berkas yang di dalamnya berisi data-data pemasukan dan pengeluaran perusahaan. Apabila pendapatan perusahaan lebih besar daripada beban atau biayanya, maka bisnis memperoleh laba. Sebaliknya, jika pendapatan cenderung lebih kecil dari beban atau biayanya, maka kemungkinan besar bisnis mengalam kerugian.

Terdapat dua jenis laporan laba rugi yang biasa digunakan oleh bisnis .Yaitu  single step dan multiple step.

  1. Laporan Laba Rugi Single Step.

Laporan laba rugi single step adalah laporan keuangan yang menyajikan pendapatan, pengeluaran, tetapi laporan ini hanya melaporkan informasi dengan menggunakan hanya satu persamaan untuk menghitung laba. Mudah dipahami dan relatif mudah dibuat dan cocok untuk bisnis berskala kecil.

  1. Laporan Laba Rugi Multiple Step.

Jenis multiple step ini berisi lebih banyak informasi umum daripada yang disertakan dalam laporan laba rugi single step, tetapi laporan ini menggunakan banyak persamaan untuk menentukan keseluruhan perhitungan laba rugi. Laporan laba rugi multiple step memecah pendapatan operasional dan biaya operasional dengan pendapatan non-operasional dan biaya non-operasional. Laporan ini memisahkan pendapatan dan pengeluaran yang terkait langsung dengan operasional bisnis dan yang tidak terkait langsung dengan operasionalnya.

Tujuan dibuatnya laporan laba rugi baik single step maupun multiple step adalah untuk mengetahui apakah perusahaan mendapatkan keuntungan atau justru kerugian.

Laporan Perubahan Modal

Dalam menjalankan operasional perusahaan, tentunya modal awal yang ditanam akan mengalami perubahan. Perubahan ini terjadi karena modal harus digunakan dalam menjalankan roda perusahaan, juga karena adanya penambahan dari laba yang didapat, penggunaan modal untuk kepentingan pemilik perusahaan, atau hal lainnya. Biasanya laporan ini dibuat untuk periode tertentu, bisa enam bulan atau satu tahun. Karena di dalam waktu-waktu tersebut perputaran modal juga berubah-berubah sehingga perlu pencatatan.

Laporan Neraca

Neraca adalah jenis laporan keuangan yang menyajikan akun-akun aktiva, kewajiban, dan modal dalam satu periode. Neraca biasanya terdiri dari dua bentuk, yaitu bentuk skontro/horizontal (account form) dan bentuk stafel/vertical (report form).

  1. Aktiva, merupakan harta yang dimiliki perusahaan dengan nilai manfaat di masa depan (future economic benefit). Aktiva terbagi dari Aktiva Lancar (Current Assets) dan Aktiva Tetap Berwujud (Tangiable Fixed Assets).
  2. Kewajiban, terdiri dari Utang Lancar (Current Liabilities) dan Utang Jangka Panjang (Long Tern Liabilities).
  3. Modal, adalah harta kekayaan perusahaan yang dimiliki oleh pemilik perusahaan.

Laporan Neraca menjadi prioritas di perusahaan. Minimal untuk mengetahui apakah data laporan secara akumulatif memang sesuai dengan data-data yang terpisah di laporan-laporan sebelumnya. Data bahkan nominal uang di Laporan Neraca tidak boleh selisih serupiah pun, karena patokannya adalah laporan-laporan keuangan. Jika ada selisih berarti terdapat kesalahan dan harus diubah.

Laporan Arus Kas

Jenis laporan keuangan ini sangat penting untuk mengetahui perputaran arus dana yang berada di perusahaan, kemana dana atau kas pergi dan dari mana kas masuk. Hal ini supaya perusahaan dapat mengontrol dana atau kas perusahaan yang dimiliki selama ini. Laporan arus kas berfungsi untuk memberikan informasi mengenai arus kas masuk dan arus kas keluar.

Jenis laporan keuangan dapat berbeda-beda tergantung dari perusahaan yang dijalankan atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Membuat laporan keuangan terlihat sulit dan ribet, namun dengan adanya software POS dan akuntansi , laporan keuangan bisa Anda dapatkan dengan mudah dan cepat. Program toko IPOS dapat menyediakan laporan keuangan secara instan, mudah, cepat dan anti ribet!!

Program toko IPOS adalah software POS yang terintegrasi dengan akuntansi, cocok untuk swalayan, mini market, distributor/grosir,olshop/toko online dll. Dengan program toko IPOS, Anda juga dapat mengelola keuangan bisnis dengan nyaman di mana pun dan kapan pun dengan koneksi internet.

Pakai program toko IPOS sekarang dan nikmati kemudahan dalam membuat dan memonitor laporan keuangan secara realtime.

 Coba gratis IPOS di sini.

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 4, IPOS 5

 

Saya mau bertanya ke WhatsApp sales IPOS

atau

Saya mau coba gratis IPOS

 

 

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 16.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off
Copyright © 2024 Trigonal Software