Laporan Keuangan Bagi Perusahaan itu Penting, Lho!

Laporan Keuangan Bagi Perusahaan itu Penting, Lho!

Laporan Keuangan Bagi Perusahaan itu Penting, Lho! – Tahukah Anda jika laporan keuangan tidak bisa lepas dari suatu perusahaan, entah itu perusahaan rintisan berskala kecil maupun besar. Laporan keuangan bagi perusahaan dibuat untuk mengetahui beberapa informasi. Informasi ini menyangkut mengenai kondisi keuangan, kinerja karyawan, dan perubahan posisi keuangan perusahaan yang dapat memanfaatkan pebisnis untuk pengambilan keputusan di kemudian hari.

Selain sebagai bahan pertanggungjawaban kegiatan suatu perusahaan terhadap investor dan pihak berkepentingan lainnya. Maka dari itu, penting sekali bagi perusahaan untuk memiliki laporan keuangan, baik sederhana ataupun kompleks.

Laporan keuangan sendiri merupakan dokumen penting perusahaan berisi data-data penting seperti aset, kewajiban, beban, net worth, pendapatan, dan juga perubahan ekuitas serta arus kas.

Jadi, seberapa penting laporan keuangan untuk perusahaan?

Berikut ulasan singkat mengapa Anda tidak boleh menyepelekan laporan keuangan :

1. Laporan Keuangan dapat Meningkatkan Transparansi 

Masalah yang memang sangat krusial dan bisa menyebabkan cukup banyak masalah jika ada oknum yang nakal dan melakukan mark up pada laporan tersebut. Dengan laporan yang terpusat dan bisa diakses oleh siapa saja yang berwenang, hal-hal seperti ini tidak akan terjadi sehingga apa pun yang dialami oleh perusahaan dapat berjalan dengan lebih transparan.

2. Memberikan Gambaran Kondisi Keuangan Bagi Perusahaan

Laporan keuangan merupakan informasi yang akurat untuk mengetahui secara detail mengenai kondisi keuangan sebuah perusahaan secara keseluruhan. Seluruh aktivitas keuangan akan tercatat secara rapih dan menyeluruh.

3. Laporan Keuangan dapat Meminimalisir Kesalahan Bagi Perusahaan

Pada perusahaan yang dalam sehari melakukan lebih dari puluhan bahkan ratusan transaksi, jika mengalami sedikit saja kesalahan, dapat menyebabkan sebuah masalah besar.

Di sanalah fungsi penting laporan keuangan yang dapat meminimalisir kesalahan, karena dapat dilakukan pengecekan transaksi berdasarkan tanggal atau bulan untuk mendapatkan kesalahan dan bisa segera ditemukan solusinya.

4. Laporan Keuangan dapat Meningkatkan Kepercayaan Bagi Perusahaan

Perusahaan yang sebagian besar berbentuk perseroan, biasanya memiliki pemegang saham yang jumlahnya banyak. Laporan keuangan yang dibuat dengan asal-asalan akan menurunkan rasa percaya para pemilik saham.  Karena itu pastikan Anda menyusunnya dengan rapih  dan teratur agar pemilik saham akan menaruhkan kepercayaan yang besar pada perusahaan Anda.

5. Laporan Keuangan dapat Memudahkan Pengambilan Keputusan

Dengan melihat laporan keuangan yang dibuat setahun sekali atau setiap periode tertentu, perusahaan dapat menyatakan apakah mereka mendapatkan untung atau rugi. Nampak juga perkembangan yang terjadi di dalam perusahaan entah yang berhubungan dengan aset atau penjualan produk.

Jika terdapat tren yang mengarah positif, maka dapat dilakukan dua hal. Pertama, tetap mempertahan hal tersebut dan Kedua, berinovasi atau menambah pegawai. Namun jika terlihat ada tren yang bersifat negatif, maka dapat perusahaan dapat melakukan penghematan biaya atau pemecatan.

Jika Anda memiliki perusahaan startup atau perusahaan yang sudah berjalan tertapi menginginkan laporan yang simple, cepat, akurat  serta berkelas, ada baiknya Anda memanfaatkan Software toko yang juga terintegrasi dengan akuntansi seperti IPOS.

IPOS menyediakan fitur Master Data yang menyimpan berbagai data utama perusahaan. Kemudian semua transaksi yang masuk dan keluar dapat dicatat dengan lebih sederhana, anti ribet!

IPOS juga memiliki fitur mengecek riwayat transaksi apabila dicurigai terjadi kecurangan yang tidak diinginkan. Sehingga laporan keuangan Anda semakin kredibel.

Pembuatan Laporan Keuangan Lebih Mudah dengan Software IPOS

Untuk mendukung para pengusaha membuat laporan keuangan yang akurat dan fleksibel, Software IPOS memiliki fitur Laporan Keuangan yang dapat menyediakan Laporan Keuangan dengan cepat, mudah dan akurat. Software IPOS adalah Software Point of Sales yang sudah terintegrasi dengan Software Akuntansi.

Foto-Produk-IPOS

Fitur Program IPOS sangat lengkap yaitu terdiri dari: laporan keuangan lengkap, master data, penjualan, pembelian, perakitan, persediaan, dan lain sebagainya. Tunggu apalagi? Yuk, gunakan Program IPOS untuk mengelola akuntansi bisnis Anda.

Coba gratis IPOS, di sini.

 

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4

 

Saya mau bertanya ke WhatsApp sales IPOS

atau

Saya mau coba gratis IPOS

 

 

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 16.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off
Copyright © 2024 Trigonal Software