Giro Ternyata Punya Beragam Manfaat untuk Bisnis, Apa Saja?

Giro Ternyata Punya Beragam Manfaat untuk Bisnis, Apa Saja?

Giro Ternyata Punya Beragam Manfaat untuk Bisnis, Apa Saja? – Orang pribadi biasanya akan lebih memilih untuk menyimpan uang di bank dengan rekening tabungan, namun badan usaha akan lebih senang menyimpan uangnya dengan membuka rekening giro. Sebagai informasi, giro merupakan salah satu produk simpanan bank, yaitu berupa simpanan dari perseorangan atau badan usaha yang penarikannya dapat dilakukan kapan saja dengan menggunakan cek dan bilyet.

Cek adalah surat perintah kepada pihak bank untuk penarikan dana yang disimpan dalam jumlah tertentu kepada nama yang sudah ditunjuk. Sementara bilyet adalah perintah yang isinya pemindahbukuan dari nasabah untuk memindahkan sejumlah uang dari rekeningnya kepada rekening penerima yang namanya sudah disebut.

Sehingga Giran, atau nasabah yang menggunakan giro ini dapat menarik uang yang disimpannya setiap saat, atau dipindahbukuan. Hal ini berbeda dengan tabungan biasa yang pencairannya dilakukan dengan kartu ATM. Namun, tidak hanya bisa berfungsi untuk menarik uang saja, Anda juga bisa melakukan pembayaran. Dalam transaksi ini, pembayaran akan diteruskan ke bank tempat nasabah membuka rekening. Dibanding dengan tabungan biasa atau deposito, suku bunga giro terbilang rendah.

Jenis-Jenis Rekening Giro

Jenis rekening giro yang ada pada bank dibagi menjadi dua jenis, yaitu perorangan dan atas nama badan usaha. Berikut ulasan singkatnya.

Rekening Perorangan

Pengertian Rekening giro dengan atas nama pribadi (perorangan) dan usaha perorangan seperti toko, bengkel, restoran, dan sebagainya.

Rekening atas Nama Badan Usaha

Untuk rekening ini adalah rekening yang dimiliki atas nama badan usaha. Contohnya bagi perusahaan, koperasi, yayasan, CV, persekutuan firma, dan lain sebagainya.

Syarat-Syarat Pembukaan Rekening Giro

Untuk bisa memiliki rekening giro ini tidaklah sulit. Syaratnya hampir sama dengan saat membuka rekening biasa yaitu dengan mengisi terlebih dahulu formulir pendaftaran pembukaan rekening. Berikut ini adalah syarat-syarat untuk bisa memiliki rekening giro :

  1. Fotokopi identitias diri bisa berupa KTP/SIM/PASPOR yang masih berlaku.
  2. Calon nasabah diharuskan tidak tercantum dalam Daftar Hitam Bank Indonesia (DHBI).
  3. Harus memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  4. Mengisi dan menandatangani formuli pengajuan giro.
  5. Menyiapkan setoran awal sesuai dengan nominal yang sudah ditentukan.
  6. Menyiapkan Anggaran Dasar/Akta Pendirian yang sudah disahkan (bagi badan usaha).
  7. Memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (bagi badan usaha).
  8. Memiliki Tanda Daftar Perusahaan (bagi badan usaha).
  9. Menyiapkan Surat pengesahan dari Menteri Kehakiman (bagi badan usaha).
  10. Memiliki Surat Keterangan Domisili (bagi badan usaha).

Perlu diketahui bahwa di setiap bank terdapat sedikit perbedaan syarat yang akan diminta. Sehingga pastikan Anda menyiapkan syarat-syarat pengajuan yang telah ditentukan dengan baik.

Manfaat Rekening Giro

Manfaat utama dari giro dalam bidang akuntansi adalah kemudahan dalam penarikan keuangan sewaktu-waktu sehingga tidak mengganggu dalam kegiatan transaksi keuangan. Selain itu, dengan menggunakan rekening ini, Anda tidak perlu khawatir karena sudah tidak menggunakan uang tunai dengan jumlah yang besar.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika menyimpan uang dalam bentuk giro.

  1. Uang dalam rekening akan lebih aman dari tindak kejahatan.
  2. Kemudahan dalam melakukan pembayaran transaksi jual-beli dengan menggunakan cek dan bilyet.
  3. Simpanan uang dapat ditarik setiap waktu di saat jam kerja berlangsung.
  4. Pemilik rekening ini sudah tidak perlu membawa uang dalam jumlah besar, cukup membawa cek dan bilyet saja saat ingin melakukan pembayaran.
  5. Dengan rekening giro, tidak ada batasan limit transaksi asalkan uang yang Anda miliki cukup untuk melakukan transaksi.
  6. Proses administrasi dilakukan lebih baik karena dalam setiap bulan bagi nasabah yang memiliki rekening giro akan mendapatkan rekening koran.

Bagaimana? Kini Anda sudah mengenali giro lebih lengkap bukan? Jika sudah, maka sudah waktunya Anda untuk melakukan pelaporan keuangan usaha Anda.

Dengan laporan keuangan yang jelas dan akurat, pengelolaan keuangan bisnis akan menjadi lebih mudah dan Anda akan bisa mengetahui tentang posisi keuangan bisnis yang Anda miliki apakah sedang plus atau minus.

IPOS adalah software bisnis yang bisa bantu Anda dalam melakukan pembukuan dengan mudah, cepat, dan juga aman. Karena IPOS memiliki fitur-fitur luar biasa yang bisa membuat laporan keuangan secara otomatis. Tidak perlu repot-repot lagi!

Yuk, pakai IPOS sekarang juga. Coba gratis IPOS di sini.

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4

 

Saya mau bertanya ke WhatsApp sales IPOS

atau

Saya mau coba gratis IPOS

 

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 16.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off
Copyright © 2024 Trigonal Software