Cara Memulai Usaha Laundry bagi Pemula, Pasti Sukses

Cara Memulai Usaha Laundry bagi Pemula, Pasti Sukses

Cara Memulai Usaha Laundry bagi Pemula, Pasti Sukses – Mencuci pakaian adalah salah satu aktivitas yang cukup melelahkan. Apalagi jika Anda melakukannya dengan manual, banyak waktu yang terkuras. Itulah yang mengakibatkan usaha laundry menjamur di masyarakat.

Asiknya menjalani usaha satu ini adalah tidak banyak skill yang harus dimiliki. Sehingga banyak pengusaha pemula yang menaruh minat pada usaha laundry. Selain itu, jangkauan pasar laundry sangat universal. Karena hampir semua kalangan dapat menjadi target pasar, terutama para pekerja kantor dan mahasiswa yang seringkali tidak memiliki waktu untuk mencuci.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN USAHA LAUNDRY

Sebelum Anda memutuskan untuk memulai usaha laundry, sudah semestinya untuk mengenali kelebihan dan kekurangan usaha jenis satu ini.

Kelebihan Usaha Laundry adalah usaha satu ini dibutuhkan banyak orang, sehingga tidak mengherankan jika banyak dicari. Jangkauan pasar laundry  sangat universal. Karena hampir semua kalangan dapat menjadi target pasar, terutama para pekerja kantoran dan mahasiswa yang seringkali tidak memiliki waktu untuk mencuci.

Kekurangan Usaha Laundry adalah persaingan jenis usaha satu ini cukup ketat karena laundry adalah jenis usaha sederhana dan setiap orang dapat melakukannya. Anda perlu perang dan menyiapkan amunisi agar tidak kalah saing dengan para kompetitor. Sebagai pemula yang mungkin saja memulai usaha rumahan yang tidak memakai mesin cuci dengan pengering khusus, Anda perlu mengkhawatirkan faktor cuaca untuk menjemur cucian Anda.

JENIS – JENIS LAUNDRY

Ada beberapa jenis laundry yang dapat menjadi pilihan Anda sebelum memulai usaha satu ini.

  • Laundry Kiloan

Jenis laundry satu ini menitikberatkan seberapa banyak cucian yang harus dicuci. Anda dapat menentukan sendiri harga menyesuaikan dengan pasar sekitar dan sesuai dengan servis yang Anda berikan. Jenis laundry satu ini cocok jika Anda berniat untuk membuka usaha di daerah dekat universitas, kos-kos pelajar atau karyawan.

  • Laundry Koin

Jenis Laundry koin cocok dibuka pada komplek apartemen ini memiliki sifat self-service, di mana pelanggan datang dan mencuci pakaiannya sendiri.

  • Laundry Dry Clean

Dry Clean yang dimaksud adalah proses mencuci pakaian secara kering tanpa menggunakan air seperti cuci biasa. Untuk mencuci dengan proses ini membutuhkan cairan khusus bernama Perchloroethylene. Karena prosesnya yang berbeda dibandingkan Laundry yang menggunakan air, biasanya laundry yang menawarkan harga yang lebih mahal dibandingkan laundry biasa.

Baca Juga :   7 Tips Jitu Bisnis Kuliner Online

CARA MEMULAI USAHA LAUNDRY BAGI PEMULA

Berikut ini urutan cara memulai usaha laundry untuk memudahkan pemula seperti Anda, di antaranya :

  1. Pahami Seluk Beluk Laundry

Untuk membuka usaha laundry, Anda bisa saja langsung membuka tanpa berpikir panjang. Hal ini tidak disarankan karena memiliki risiko kegagalan lebih cepat karena kurangnya persiapan. Cara terbaik untuk memulai sebuah usaha adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu. Riset dapat dilakukan dengan bertanya kepada orang yang paham dengan bisnis sehingga Anda dapat mengetahui beberapa hal seperti peluang usaha laundry, peralatan yang perlu disiapkan, dan biaya operasional.

  1. Menghitung Modal

Setelah melakukan riset, Anda akan dengan mudah menghitung berapa kebutuhan modal yang diperlukan. Perlu Anda ketahui bahwa modal usaha laundry bukan hanya sebatas mesin cuci dan setrika. Banyak faktor yang sebenarnya sulit terlihat jika Anda tidak detail dalam melihat usaha satu ini. Beberapa faktor yang dimaksud di antaranya sewa tempat, gaji karyawan, dan beberapa peralatan penunjang lain.

  1. Menentukan Lokasi

Salah satu faktor penting yang menentukan sukses tidaknya usaha laundry adalah strategi dimana lokasi usaha Laundry Anda berada. Karena salah menentukan lokasi tentu akan membuat usaha Anda sepi pelanggan dan akhirnya menyebabkan usaha Anda gulung tikar. Untuk membantu Anda menentukan lokasi usaha, pahami terlebih dahulu siapa target pasar Anda.

Mahasiswa, pekerja kantoran, dan rumah tangga adalah target pasar yang biasanya dibidik para pengusaha laundry. Oleh karena itu, pilih lokasi yang dekat dengan tempat tinggal mereka agar usaha laundry Anda mudah dijangkau dan ditemukan mereka.

  1. Amati Kompetitor

Usaha laundry tersebar luas di mana-mana karena usaha ini bukanlah sebuah ide usaha baru. Oleh karena itu, pada saat Anda sudah menentukan di mana titik lokasi usaha Anda, maka yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengamati apakah ada kompetitor di sekitaran Anda.

Peluang Anda semakin mulus jika tidak ada kompetitor di sekitaran Anda. Namun bagaimana jika sudah ada kompetitor yang menguasai tempat itu terlebih dahulu? Maka yang Anda butuhkan adalah strategi marketing yang tepat agar bisa bersaing.

  1. Penentuan Harga

Ketika Anda menemui adanya kompetitor di sekitaran lokasi usaha laundry Anda, maka Anda perlu mengetahui berapa harga pasaran untuk usaha Laundry di sekitar sana. Harga pasar akan membantu Anda dalam menentukan strategi harga di usaha Anda. Beberapa faktor yang menentukan di antaranya pembelian peralatan atau modal awal usaha, biaya sewa, gaji, beban listrik, dan perawatan peralatan.

  1. Buat Standar Pelayanan yang Memuaskan

Anda perlu tahu bahwa harga murah bukanlah satu-satunya cara untuk memenangkan persaingan. Meskipun Anda memasang harga yang lebih mahal, tetapi jika pelayanannya lebih memuaskan justru hal tersebut tetap memberikan peluang untuk menarik pelanggan.

Baca Juga :   Jenis-jenis Laporan Keuangan yang Perlu Anda Ketahui.

Karyawan Anda perlu diberikan edukasi tentang bagaimana cara mencuci yang benar sesuai jenis kainnya guna menghadirkan pelayanan yang memuaskan. Bagian Customer service juga perlu belajar bagaimana caranya menangani complain pelanggan. Anda juga memerlukan prosedur pencegahan terjadinya masalah yang umum terjadi di laundry, seperti pakaian rusak, tertukar, dan hilang.

  1. Tentukan Strategi Marketing

Strategi marketing adalah hal penting yang perlu dilakukan agar bisnis Anda dikenal oleh pelanggan. Untuk langkah awal, Anda bisa menyebarkan brosur ke lokasi tempat tinggal target pasar Anda. Di era serba digital seperti saat ini, sehingga Anda perlu aktif di dunia online. Seperti memanfaatkan layanan Google My Business dimana layanan ini akan membuat bisnis Anda muncul di Google Map. Sehingga ketika pelanggan Anda mencari jasa laundry di Goole, kemungkinan mereka akan menemukan usaha Laundry Anda sebagai tempat Laundry terdekat dari tempat tinggal mereka.

  1. Mengelola Keuangan.

Ketika usaha Anda sudah berjalan, keuangan menjadi bahan bakar penggeraknya. Itulah mengapa pengelolaan keuangan sangat diperlukan oleh bisnis. Dengan adanya pencatatan yang teratur, kebocoran dana tak terduga dapat Anda cegah.

Semakin majunya zaman, semakin banyak cara simple dan smart untuk melakukan pengelolaan keuangan. Software toko seperti IPOS dapat menjadi solusi Anda khususnya para pemula yang baru ingin berkecimpung di usaha Laundry.

IPOS akan membantu Anda dalam melakukan pencatatan keuangan dan utang piutang secara praktis dan efisien. Fitur-fitur lain yang IPOS miliki dapat dimanfaatkan untuk meng-scale up ­usaha Anda. Coba gratis IPOS segera!

Cara Memulai Usaha Laundry bagi Pemula, Pasti Sukses

 

Saya mau bertanya ke WA sales IPOS

ATAU

Saya mau coba gratis IPOS