Cara Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula – Usaha makanan adalah bisnis yang menjanjikan. Karena makanan merupakan kebutuhan yang banyak dicari setiap orang serta perkembangannya yang semakin pesat. Maka tak heran banyak yang mencari cara untuk memulai usaha makanan.

Sama seperti bisnis jenis lainnya, tentu Anda harus memperhatikan strategi. Karena strategi dalam sebuah bisnis dapat membuat Anda memperkirakan bagaimana bisnis tersebut bisa sukses di masa depan.

Lalu bagaimanakah cara memulai usaha makanan online untuk pemula? Berikut beberapa tips dari Trigonal supaya Anda dapat mendirikan usaha makanan yang sukses.

Cara Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula

  1. Tentukan Jenis Makanan yang Ingin Dijual

Bisnis makanan adalah suatu jenis bisnis yang memiliki cakupan yang cukup luas. Di negara kita sendiri memiliki berbagai jenis bisnis makanan. Mulai dari makanan tradisional sampai dengan makanan yang terinsipirasi dengan makanan luar negeri. Maka dari itu cara memulai bisnis makanan online bagi Anda seorang pemula adalah dengan menentukan jenis makanan mana yang akan Anda jual.

  1. Kelola Keuangan dengan Matang

Dalam semua jenis usaha, aspek finansial merupakan nyawa penting, tak terkecuali usaha makanan. Oleh karena itu mengelola finansial dengan baik adalah cara yang tepat untuk memulai usaha kuliner supaya dapat berjalan.

Anda dapat menggunakan dana pribadi sebagai modal awal, atau Anda dapat mengajukan pinjaman ke orang-orang terdekat ataupun lembaga keuangan jika tidak punya dana. Selain itu, Anda juga bisa mengajukan dana kepada investor dengan memanfaatkan business plan yang telah Anda buat.

  1. Riset Kompetitor

Dalam dunia bisnis, wajar jika kita terus bersaing dengan puluhan atau ratusan kompetitor. Supaya dapat masuk ke dalam circle persaingan, cara yang tepat sebelum memulai usaha adalah melakukan riset kompetitor. Anda perlu mencari tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dari kompetitor supaya Anda dapat mempelajari dengan baik.

Dari sanalah, Anda akan menemukan celah yang tepat agar dapat menyaingi atau bahkan melebihi kompetitor, baik dari segi harga, ciri khas, dan pengemasan.

  1. Cari Usaha Lokasi yang Strategis

Selain riset kompetitor, Anda juga perlu mencari lokasi sebelum memulai bisnis makanan. Pastikan Anda memilih lokasi yang banyak dikunjungi atau dilalui banyak orang. Selain itu Anda harus memperhitungkan modal yang perlu Anda keluarkan serta peta persaingan bisnis di lokasi yang Anda pilih.

Jangan sampai modal Anda terkuras hanya untuk membeli atau menyewa tempat usaha, namun hasilnya zonk karena kesulitan menarik konsumen ketika bisnis Anda dekat dengan sebuah brand ternama. Para konsumen tentu akan cenderung memilih brand yang sudah mereka kenal, bukan ke toko Anda.

  1. Tentukan Supplier yang Cocok dengan Usaha.

Tentu saja Anda perlu pasokan bahan baku dasar agar bisa diolah menjadi produk siap jual. Untuk Anda yang masih pemula, Anda mungkin masih bisa melakukannya secara mandiri dengan berbelanja ke pasar. Tetapi Anda tetap membutuhkan supplier yang mampu memberikan bahan baku dengan kualitas terbaik untuk keefisienan waktu.

Sangat dianjurkan untuk memiliki supplier yang dapat memasok semua bahan baku produksi setiap harinya. Anda juga perlu mengusahakan untuk memiliki lebih dari satu supplier sebagai alternatif apabila supplier satunya tidak bisa menyediakan permintaan.

  1. Terus Melakukan Inovasi

Dengan terus melakukan inovasi dari waktu ke waktu, bisnis makanan Anda akan terlihat berbeda dari para kompetitor. Inovasi yang dapat Anda lakukan dapat dari tampilan, bentuk, rasa, maupun kreasi dari penyajian atau pembuatannya. Oleh karena itu, memulai bisnis makanan harus disertai dengan cara yang tepat seperti membuat inovasi terbaru untuk menarik perhatian pelanggan.

  1. Rekrut Tenaga Kerja

Tidak ada salahnya memikirkan untuk merekrut karyawan jika bisnis makanan Anda sudah mulai berkembang dengan pesat. Selain untuk membuat operasional bisnis Anda lebih efektif dan efisien, cara ini perlu dilakukan supaya Anda dapat mengembangkan bisnis lebih besar lagi dengan memulai cabang baru untuk kedepannya.

Jangan lupa untuk memperhatikan kesejahteraan karyawan yang Anda rekrut dengan pemberian gaji yang sepadan serta tepat waktu. Hal ini akan menjaga kestabilan keterampilan serta kesiapan karyawan Anda.

  1. Adakan Promo-Promo yang Menarik

Promosi dari mulut ke mulut adalah salah satu strategi promosi paling sederhana, namun terbukti ampuh dan tepat sasaran dari waktu ke waktu. Tentu Anda harus bisa mendatangkan para mulut  ini terlebih dahulu agar produk Anda dikenal. Jika mereka merasa puas dengan produknya, tentu mereka tidak akan sungkan-sungkan datang kembali, dan bahkan merekomendasikan produk Anda ke orang lain. Anda juga bisa melakukan promosi lainnya, bisa dengan melakukan diskon, buy one get one, bundling, dan promo lainnya sebagai cara menarik minat para pembeli.

  1. Siapkan Pelayanan yang Terbaik

Konsumen akan selalu memiliki keluhan soal makanan, suka atau tidak suka. Keluhan-keluhan tersebut bisa teratasi jika Anda memiliki pelayanan yang ramah. Bentuk pelayanan paling sederhana yang bisa diberikan adalah seberapa sering konsumen disapa dengan ramah, seberapa banyak senyuman yang diberikan untuk konsumen, dan bagaimana Anda menangani keluhan pelanggan.

Kemudahan produk Anda dapat dijangkau konsumen juga termasuk nilai plus pelayanan yang dapat Anda maksimalkan. Bukan hanya berkaitan dengan lokasi di mana bisnis makanan Anda berada, tetapi juga seberapa mudah bisnis Anda dapat konsumen jangkau secara digital. Karena di era serba digital orang akan mencari informasi dengan berselancar di internet.  Anda bisa bermitra dengan layanan aplikasi ojek online seperti GO-JEK dan GRAB, karena saat ini banyak orang yang membeli makanan dengan kedua aplikasi tersebut.

  1. Evaluasi

Langkah terakhir dalam memulai sebuah bisnis adalah melakukan evaluasi. Tanpa adanya evaluasi, itu artinya sama seperti Anda berjalan tanpa tahu arah. Jika Anda tidak melakukan evaluasi, sudah pasti Anda tidak akan mengetahui dimana letak kesalahan Anda. Jangan ragu untuk merombak strategi bisnis Anda apabila dari hasil evaluasi terdapat hasil bahwa strategi yang Anda pakai tidak efektif dan efisien.

Perlu Anda ingat, apapun jenis usaha yang Anda geluti, jangan ragu untuk berinovasi. Karena jika Anda tidak berani berinovasi, maka usaha Anda tidak akan bisa berkembang.

Tentu untuk melakukan evaluasi Anda perlu data, penggunaan Software toko seperti IPOS dapat mempermudah Anda untuk mengontrol operasional usaha Anda sehari-hari.  IPOS adalah salah satu pilihan terbaik yang akan membantu Anda mengembangkan usaha Anda dengan berbagai fitur lengkapnya.

Coba gratis IPOS untuk merasakan kemudahan usaha sekarang.

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4

 

Saya mau bertanya ke WhatsApp sales IPOS

atau

Saya mau coba gratis IPOS

 

 

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 16.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off
Copyright © 2024 Trigonal Software