Apakah Mudah Melakukan Franchise Bisnis F&B? Simak Jawabannya!

Apakah Mudah Melakukan Franchise Bisnis F&B? Simak Jawabannya!

Apakah Mudah Melakukan Franchise Bisnis F&B? Simak Jawabannya! – Industri kuliner, atau Food & Beverages (F&B) di Indonesia memang menjanjikan. Setiap kali kita berkunjung ke pusat perbelanjaan atau ruko-ruko, dapat ditemukan berbagai brand F&B bertebaran. Tak jarang pula ditemukan antrian panjang untuk suatu produk yang sedang hits. Tahukah Anda? Indonesia dengan middle classnya memang menjadi pasar yang sangat menguntungkan untuk industri bisnis F&B, apalagi promosinya dapat memanfaatkan teknologi, yaitu dengan sosial media.

Ditambah fakta bahwa bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang menjadi kebutuhan pokok setiap manusia. Perkembangan franchise kuliner/bisnis kuliner modal kecil juga sangat cepat berkembang. Produk makanan dan minuman baru tercipta hamper setiap hari. Ini merupakan nilai lebih bagi sebuah produk untuk berkembang karena inovasi yang tidak pernah berhenti.

Beberapa hal berikut perlu Anda perhatikan jika ingin mengembangkan Franchise Bisnis F&B :

  1. Lokasi

Lokasi merupakan salah satu faktor penting untuk memulai bisnis, karena jika salah memilih lokasi maka bisnis Anda tidak akan berjalan dengan baik. Misalnya Anda memilih untuk membuka sebuah franchise di lokasi yang jarang dilewati orang. Maka dari itu, pastikan Anda memilih lokasi strategis untuk memulai bisnis Anda.

  1. Produk

Dalam melakukan bisnis franchise, penting bagi Anda untuk mencoba produknya sebelum Anda menjalankan bisnis. Anda harus suka terlebih dahulu dengan produknya terlebih dahulu agar Anda dapat menjalankan bisnis dengan sepenuh hati. Pastikan juga Anda yakin dengan potensi produk tersebut, sehingga Anda tidak mudah menyerah di saat ada tantangan dalam menjalankan franchise nantinya.

Pastikan juga bahwa Anda tidak memilih produk yang hanya menjadi trend sesaat saja. Hindari produk-produk yang hanya mengandalkan keunikan packaging dan bukan rasa otentik sehingga bisnis Anda memiliki lifecycle yang panjang atau bahkan seumur hidup.

  1. Rasa
Baca Juga :   6 Cara Terbaik untuk Tingkatkan Produktivitas Karyawan

Untuk membedakan bisnis Anda dengan bisnis orang lain, pastikan bahwa produk yang Anda jual memiliki rasa yang khas dan enak. Jika konsumen merasa puas dengan rasa yang Anda ciptakan, hal ini akan mempermudah Anda dalam menjalankan bisnis. Karena tanpa perlu promosi yang besar, konsumen Anda pasti akan melakukan promosi langsung ke teman-temannya, promosi ini biasa disebut sebagai Word of Mouth.

  1. SOP dan Kebutuhan Pengawasan serta Manajemen

Pastikan franchise yang Anda jalani memiliki SOP yang jelas dan mudah dijalankan. Franchise dengan SOP yang berbelit dan tidak standar akan memerlukan waktu ekstra bagi Anda untuk terus memantau karyawan. Pastikan Anda memilih model franchise yang sesuai dengan fleksibilitas waktu dan budget Anda.

  1. Promosi

Lakukanlah promosi di awal bisnis kuliner Anda untuk membuat konsumen baru mengetahui produk Anda. Anda bisa membuat brosur atau dengan diskon untuk waktu-waktu tertentu untuk menarik konsumen baru.

  1. Laporan Keuangan atau Pembukuan yang Benar

Pembukuan sangat dibutuhkan agar Anda mengetahui setiap pengeluaran dan pemasukan Bisnis Anda. Biasanya pembukuan dilakukan setiap akhir bulan. Anda harus mencatat setiap transaksi yang terjadi karena laporan keuangan itu sangat penting bagi perkembangan bisnis Anda ke depannya.

Memang terdengar merepotkan, maka dari itu pilihlah Software Toko yang sudah terintegrasi dengan akuntansi seperti IPOS untuk mempermudah segala urusan operasional sehari-hari bisnis Anda.Dua fungsi dalam satu aplikasi tentunya adalah sebuah cara inovatif dan efisien demi bisnis berkembang di masa depan.
Sebagai owner Anda juga bisa mengakses dan mengontrol transaksi bisnis hanya dari gadget.Praktis dan simple.

Coba gratis IPOS sekarang, klik di sini.

Saya mau bertanya ke WA sales IPOS

ATAU

Baca Juga :   Cara Melakukan Stock Opname Secara Efisien

Saya mau coba gratis IPOS