7 Tips Jitu Bisnis Kuliner Online

7 Tips Jitu Bisnis Kuliner Online

7 Tips Jitu Bisnis Kuliner Online – Bisnis online menjadi bisnis yang bertahan di tengah pandemi, termasuk bisnis online dalam sektor kuliner. Apa saja tips jitu bisnis kuliner online? Yuk simak artikel ini!

1. Aktif di sosial media

Media social menjadi media yang sangat penting untuk berbagai jenis bisnis online, termasuk bisnis kuliner online. Dengan aktif di social media, kamu bisa memasarkan produk ke kalangan masyarakat yang lebih luas. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan inspirasi tentang makanan yang sedang viral & sedang digemari masyarakat.

2. Rutin mengadakan promo atau diskon

Siapa sih yang ngga suka promo atau diskon? Promo dan diskon terbukti menjadi cara yang efektif dan populer untuk menggaet pelanggan. Berikut adalah contoh ide promo yang bisa Anda gunakan:

–          Paket makanan & minuman dengan harga yang lebih murah

–          Gratis produk tiap pembelian menu tertentu

–          Gratis ongkir untuk delivery order

3. Tampilkan visual yang menarik

Visual makanan yang menarik menjadi kekuatan promosi kuliner online, baik di media social maupun di aplikasi layanan pencarian restoran. Di media social misalnya Instagram, visual ini bisa dalam bentuk foto, instastory, IG TV ataupun reels. Unggahlah visual makanan yang menggugah selera, tidak perlu kamera mahal, kamera ponsel dilengkapi dengan aplikasi editing foto & video juga dapat menghasilkan visual yang berkualitas.

4. Definisi produk yang detail

Definisi produk yang detail sangat penting pada bisnis online. Karena, jika pada bisnis offline pembeli bisa mendapatkan informasi dari pelayan restoran & buku menu, pada bisnis online pembeli mendapatkan informasi dari definisi produk.

Baca Juga :   Karakteristik Wirausaha yang Dimiliki Pebisnis Sukses

5. Tampilkan review atau testimoni

Review atau testimoni dari konsumen akan membuat calon pelanggan lebih percaya dengan produk makanan kamu. Review atau testimoni juga merupakan cara yang jitu untuk memasarkan produk makanan secara online.

6. Menggaet food influencer

Menggaet influencer merupakan cara yang efektif untuk mempengaruhi followers nya untuk membeli produk makanan kamu. Food influencer mempunyai kemampuan untuk menampilkan makanan supaya terlihat menarik & mengulas makanan dengan detail.

7. Rasa yang utama

Konsumen tidak akan melakukan repeat order jika rasa makanan tidak memuaskan. Sejitu apapun strategi marketing kamu, konsumen tidak akan berubah menjadi customer jika mereka rasa produk makanan kamu tidak sesuai dengan yang mereka ekspektasikan. Oleh karena itu, rasa merupakan salah satu focus utama supaya bisnis kuliner kamu bisa maju dan bersaing.

Selain memaksimalkan pemasaran, harus dibarengi juga dengan pengelolaan keuangan bisnis yang baik, karena aspek keuangan merupakan aspek yang fundamental untuk bisnis yang sustainable. Kini, pengelolaan keuangan bisnis kuliner menjadi mudah dengan adanya Program IPOS yang sudah terintegrasi lengkap antara program akuntansi dan point of sales.

Fitur Program IPOS sangat lengkap yaitu terdiri dari: laporan akuntansi lengkap, master data, penjualan, pembelian, perakitan, persediaan, dan lain sebagainya. Tunggu apalagi? Yuk, gunakan Program IPOS untuk mengelola keuangan bisnis kuliner kamu.

 

Saya mau bertanya ke WA sales IPOS

ATAU

Saya mau coba gratis IPOS