7 Makanan Khas Daerah yang Bisa Jadi Ide Bisnis

7 Makanan Khas Daerah yang Bisa Jadi Ide Bisnis

Tidak kalah dengan makanan populer dari luar negeri, makanan khas daerah Indonesia kini mulai mendapatkan kepopulerannya. Ingatkah Anda dengan Odading? Makanan khas Jawa Barat yang sempat viral di kalangan netizen Indonesia, dan juga seblak yang kini sudah mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat sebagai pilihan jajajnan setiap hari.

Beberapa contoh makanan khas daerah yang populer tersebut membuktikan bahwa ada peluang usaha yang potensial dalam makanan khas daerah yang tidak kalah menguntungkan dari makanan khas luar negeri. Jika dikemas dengan sedemikian rupa tidak menutup kemungkinan bisnis makanan khas daerah bisa lebih menguntungkan dibandingkan bisnis makanan lainnya.

Dengan potensinya untuk menjadi bisnis yang menguntungkan, banyak orang lain yang kini tertarik untuk berbisnis kuliner Indonesia. Untuk Anda yang tertarik untuk berbisnis makanan khas daerah, berikut 7 ide dan peluang dari makanan khas daerah:

1. Seblak

Meski berasal dari Jawa Barat, kepopuleran makanan satu ini dikenal di berbagai daerah seperti Jakarta, Jawa Tengah, dan daerah-daerah lainnya di Indonesia. Sehingga jika Anda menekuni usaha makanan Seblak ini tidak perlu repot-repot mengenalkannya kepada konsumen Anda.

Selain karena sudah populer, bahan-bahan pembuatan seblak yang sangat mudah didapat dengan varian harga yang bisa disesuaikan dengan kantong Anda juga menjadi faktor pendukung mengapa Seblak harus Anda pilih. Ditambah lagi dengan proses pembuatannya yang relatif mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama, ide usaha makanan khas daerah ini mungkin akan sangat cocok dengan Anda.

2. Serabi/Surabi

Sama seperti seblak, meskipun berasal dari Jawa Barat, Serabi atau orang Sunda sebut sebagai Surabi juga sudah dikenal di berbagai daerah bahkan hampir di seluruh pulau Jawa. Surabi terbuat dari tepung beras yang dicampir dengan santan kental dan parutan kelapa dengan oncom di atasnya sebagai toping. Dengan perkembangannya, Surabi sekarang ini tidak hanya bertoping oncom, Surabi dibuat dengan toping yang bervariasi seperti keju, cokelat, green tea, selai stroberi, dan berbagai varian lainnya.

Dengan varian rasa yang banyak dan terus berkembang, Surabi kini menjelma menjadi makanan khas daerah yang populer. Selain kedua faktor tersebut, pembuatannya yang tidak memerlukan teknik khusus membuat Surabi menjadi salah satu idea dan peluang usaha makanan khas daerah yang cocok dan sangat menguntungkan untuk Anda jalankan.

Baca Juga :   Waspadai Budaya Workaholic : Kenali Jenis dan Cara Mengatasinya!

3. Kue Odading

Siapa yang tidak tahu Odading? Kue yang viral berkat video milik Ade Londok, seorang warga Bandung yang mempromosikan makanan satu ini dengan cara yang unik membuat nama kue Odading dikenal dan disukai banyak orang.

Kue Odading sendiri adalah kue goreng khas Bandung yang terbuat dari bahan dasar tepung. Kue ini biasanya dijual bersama dengan donat dan cakwe. Odading sebenarnya sudah ada dari jaman kolonial Belanda. Tahukah Anda? Nama Odading sendiri berasal dari kesalahpahaman kata dari Bahasa Belanda, “O, dat ding?” yang berarti “Oh, benda itu?”. Terlepas dari fakta unik mengenai asal-usul nama Odading, kue satu ini benar-benar sangat populer sehingga sangat potensial untuk dijadikan peluang usaha.

4. Kue Pukis

Tahukah Anda bahwa pukis, kue yang berasal dari Jawa Tengah ini baru-bari di salah satu gerai makanan cepat saji asal Amerika dengan harga sekitar Rp. 20.000?

Kue yang terbuat dari adonan telur, tepung terigu, gula pasir, ragi, dan santan ini memiliki bentuk dan warna yang khas. Dimana bagian bawahnya berwarna kecokelatan sementara bagian atasnya berwarna kuning dengan taburan toping di atasnya. Kue pukis bisa ditemukan dengan mudah di toko-toko kue atapun di penjual kaki lima. Dengan kepopulerannya kue ini maka tidaklah salah jika Anda untuk menjalankan usaha makanan kue Pukis ini.

5. Gado-gado

Dapat dikatakan Gado-gado adalah salah satu makanan khas daerah yang paling menyehatkan dan baik untuk tubuh, karena Gado-gado terbuat dari berbagai sayuran seperti selada, kol, kacang panjang, toge, tomat, wortel, dan sayuran lainnya yang ditaburi saus kacang di atasnya.

Gado-gado merupakan makanan khas daerah Jakarta, makanan ini sangat mudah dijumpai mulai dari dipinggir jalan sampai dengan restoran pun ada. Gado-gado sangat terkenal di Indonesia bahkan juga sampai ke luar negeri. Tidak hanya menyehatkan tetapi juga mengenyangkan dengan harga yang relatif terjangkau. Makanan ini biasanya menjadi makanan favorit para vegetarianGado-gado bisa menjadikan peluang usaha makanan khas daerah yang sangat menguntungkan.

Baca Juga :   Cara Promosi Jualan Online Kekinian, Wajib Coba!

6. Makaroni Goreng

Makaroni goreng ini memiliki dua varian, yaitu makaroni goreng renyah dan makaroni goreng basah. Makaroni goreng renyah adalah makaroni yang digoreng dengan kematangan sempurna sehingga memiliki tekstur sangat renyah. Sementara makaroni goreng basah adalah makaroni yang digoreng setengah matang sehingga teksturnya agak lembek. Rasanya yang renyah, gurih, dan pedas sangat disukai oleh masyarakat, terutama anak-anak muda yang menyukai makanan pedas, serta harganya yang sangat terjangkau inilah yang membuat jajanan satu ini cepat sekali dikenal masyarakat.

7. Pempek

Pempek/empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari tepung yang dicampur dengan daging ikan serta bahan-bahan lain dan disajikan dengan kuah cuka yang memiliki rasa asam, manis, dan pedas.

Pempek sudah sangat terkenal bahkan di luar Palembang bisa dikatakan Pempek sudah dikenal dan menyebar di seluruh Indonesia. Yang membuat Pempek sangat terkenal adalah karena cita rasa yang unik, yaitu perpaduan dari gurih, kenyal, asam, manis, dan sedikit pedas bercampur menjadu satu. Mungkin Anda bisa mempertimbangkan pempek sebagai ide dan peluang usaha makanan khas daerah yang bisa Anda jalankan.

Itulah beberapa ide dan peluang usaha makanan khas daerah yang bisa menjadi referensi Anda dalam mencari ide bisnis. Dalam hal ini yang perlu diingat adalah sesempurna apapun ide dan peluang usaha yang Anda miliki, berhasil tidaknya tergantung pada niat dan ketekunan Anda, Doa dan Ikhtiar ada yang wajib dikerjakan oleh pengusaha atau calon pengusaha.

Sebagai ikhtiar, Anda bisa memanfaatkan Software Toko untuk melancarkan operasional sehari-hari bisnis Anda. IPOS adalah salah satu pilihan terbaik Software Toko yang akan membantu Anda dalam mengontrol bisnsi Anda dengan berbagai fitur yang dimiliki. Pengoperasian yang sederhana dan tidak memakan waktu lama bagi Anda dan pegawai Anda untuk memahami penggunaannya.

Coba gratis IPOS di sini  untuk merasakan kemudahan berbisnis.

Tunggu apalagi?

 

Saya mau bertanya ke WA sales IPOS

ATAU

Saya mau coba gratis IPOS