Tips Meningkatkan Penjualan untuk Bisnis Fashion yang Mandek – Fashion menjadi salah satu pilihan bisnis yang cukup menguntungkan hingga saat ini. Meski terlihat mudah dalam memulai dan mengelolanya, ternyata menjalankan bisnis ini gampang-gampang susah, lho. Anda butuh cara yang tepat untuk mengelola strategi meningkatkan penjualan produk fashion, agar penjualan dapat berkembang.
Jelas, bisnis fashion semakin menggairahkan. Meski masyarakat Indonesia banyak terpapar oleh gaya dan budaya Barat, industri ini malah tidak mau kalah kreatif. Saking banyaknya pebisnis yang terjun ke industri fashion, tentu Anda wajib tahu bagaimana harus bersaing dan menonjol dibandingkan pebisnis fashion lainnya.
Di samping itu, pastinya Anda juga bukan hanya ingin meningkatkan brand awareness saja, bukan? Penjualan juga harus ditingkatkan! Untuk itu, mari simak 7 tips meningkatkan penjualan untuk bisnis fashion yang mandek berikut ini.
Table of Contents
7 Tips Meningkatkan Penjualan untuk Bisnis Fashion
Paid Promote di Media Sosial
Inilah tips meningkatkan penjualan untuk bisnis fashion yang pertama. Untuk Anda yang belum tahu, paid promote merupakan layanan jasa promosi berbayar yang baisanya dilakukan oleh akun-akun influencer atau buzzer, terutama di Instagram.
Untuk melakukan promosi berbayar, pelaku bisnis harus mencari siapa saja influencer atau buzzer yang memang cocok dengan bisnis yang dijalani. Sebagai contoh, Anda menjual sepatu olahraga. Anda pun bisa memilih influencer yang memang niche media sosialnya seputar fashion atau gaya hidup. Atau, bisa juga yang berhubungan dengan olahraga dan traveling.
Permintaan Endorsement Influencer
Apa perbedaan endorsement dan paid promote? Bedanya dengan paid promote, kali ini pelaku bisnis harus mengirimkan produk fashion-nya kepada influencer secara langsung. Dengan begitu, influencer bisa mencoba produk dan memberikan ulasan jujur mengenai brand.
Pada praktiknya, brand pun dapat memberikan kebebasan kepada si influencer untuk memilih produk yang mereka sukai.
Lantas, apa sih kelebihan endorsement? Konten berupa video dan foto akan disiapkan oleh influencer sehingga Anda tidak perlu pusing membuat konten lagi. Kemudian, konten yang dibuat pun biasanya bisa Anda pakai di media sosial toko online Anda.
Membuat Iklan yang Menarik
Pernah mencoba tips meningkatkan penjualan bisnis fashion yang satu ini? Ya, ada berbagai macam cara untuk membuat iklan yang menarik. Namun, tentu Anda harus tahu dulu di mana Anda akan memasang iklan yang dibuat Di TV, radio, koran, website online, atau di mana?
Dengan mengetahui lokasinya, Anda pun bisa memutuskan berapa budget yang harus dikeluarkan.
Kemudian, dalam pembuatan iklan pun harus kreatif dan out of the box. Jangan lupa, beri tahukan pesan dengan lugas dan buatlah copywriting yang menohok sehingga target market Anda bisa langsung tertarik dengan produk fashion Anda.
Membuka Bazar di Kota-Kota Lain
Membuka bazar menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan bisnis fashion, juga memperkenalkan brand Anda kepada masyarakat lebih luas.
Dengan mengikuti bazar, merchant pun dapat bergabung dengan komunitas pebisnis fashion lainnya Siapa tahu, ke depannya Anda dapat berkolaborasi bersama?
Berikan Promo Menarik untuk Pembeli
Ada berbagai macam promo yang dapat digencarkan, misalnya promo cashback 30%, diskon 50% untuk pembelian kedua, dan sebagainya. Namun, jika promo diskon sudah terlalu biasa, mengapa tidak menawarkan promo berbeda?
Misalnya, Anda memiliki outlet fashion yang bersebelahan langsung dengan sebuah kedai kopi. Coba tawarkan kepada pelanggan Anda, apabila membeli produk fashion di outlet Anda dengan minimum pembelian Rp500.000, pelanggan bisa mendapatkan satu gelas kopi susu gratis.
Tips meningkatkan penjualan bisnis fashion yang menarik bukan?
Memperluas Kanal Penjualan
Mungkin selama ini Anda hanya memiliki offline store di satu tempat. Nah, jika ingin meningkatkan penjualan, tentu Anda harus membuat masyarakat mengenal brand Anda. Dengan cara apa? Membuka online store, berjualan lewat media sosial, serta memanfaatkan berbagai macam e-commerce di Indonesia.
Berkolaborasi dengan Pihak Lain
Menjalani bisnis seorang diri tidak selamanya menyenangkan. Harus ada pemantik keseruan, yakni ketika Anda berbisnis dengan pihak lain.
Beberapa contoh kerja sama atau kolaborasi yang dapat diusung, misalnya memamerkan koleksi pakaian terbaru di Jakarta Fashion Week, hasil kolaborasi dengan desainer fashion muda. Atau, Anda juga dapat bekerja sama dengan lembaga nonprofit dengan ketentuan, misalnya setiap pembelian 1 pasang sepatu, artinya pembeli turut menyumbang 1 produk yang sama untuk anak-anak di pelosok Indonesia.
Nah, itulah dia 7 tips meningkatkan penjualan bisnis fashion Anda. Selamat menerapkan tips-tips di atas ya. IPOS merupakan pilihan terbaik untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis dengan lebih efektif dan efisien. Karena dengan bantuan IPOS, proses transaksi dapat lebih cepat. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dan bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis Fashion Anda.
Coba gratis IPOS di sini.
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4