Manajemen Utang Piutang UMKM Bisa Diatasi dengan Software

Manajemen Utang Piutang UMKM Bisa Diatasi dengan Software

Alasan UMKM Butuh Software untuk Manajemen Utang Piutang – Manajemen Keuangan sangat penting untuk kelangsungan hidup UMKM, termasuk manajemen utang piutang. Utang adalah kewajiban perusahaan pada pihak eksternal. Pada neraca akun, utang diletakkan di sisi pasiva atau liability. Laporan tentang posisi utang akan memberikan peringatan kepada pelaku usaha untuk melakukan berbagai langkah antisipasi terhadap kemungkinan munculnya kesulitan keuangan UMKM untuk membayarkan kembali utangnya.

Sedangkan definisi piutang merupakan kekayaan perusahaan yang di dalam laporan neraca diletakkan pada sisi asset atau aktiva. Sebagai informasi eksternal, piutang juga dapat dapat dijadikan sebagai agunan kepada pemberi pinjaman untuk mengatasi masalah keuangan jangka pendek. Sebagai pengendalian, berikut adalah alasan mengapa software akuntansi dapat membantu Anda dalam manajemen utang piutang

1. Menagih Piutang dan Membayar Utang Tepat Waktu

Software dapat membantu UMKM dalam memantau utang piutang secara lebih efektif. Dengan fitur reminder secara berkala yang ada, Anda akan dibantu untuk mengingatkan pelanggan yang telat membayar. Software ini juga memungkinkan UMKM untuk mencatat dan mengelola utang secara terorganisir. Anda dapat bisa melihat rincian utang, tanggal jatuh tempo serta jumlah yang harus dibayar. Hal ini pastinya akan membantu Anda dalam menghindari manajemen utang piutang yang buruk karena terlupa atau terlambat dibayar.

2. Merencanakan Cash Flow Perusahaan dengan Manajemen Utang piutang

Dengan utang piutang yang teroganisir dengan baik, UMKM dapat merencanakan  cash flow dengan lebih baik. Mereka dapat memprediksi jumlah piutang yang akan diterima dar pelanggan serta jumlah utang yang harus dibayarkan kepada pemasok. Ketika Anda menggunakan software, Anda bisa mengatur jatuh tempo pembayaran dari pelanggan dan pemasok secara tepat sehingga bisa memaksimalkan masukan kas dan menghindari pembayaran denda atau bunga yang tidak perlu.

3. Membangun Hubungan yang Baik dengan Supplier

Melalui manajemen utang piutang yang terorganisir dengan software, Anda dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang jangka waktu pembayaran kepada supplier. Hal ini pastinya akan membuat Anda memiliki hubungan yang baik dengan supplier.

Coba bayangkan saja jika supplier Anda menagih hutang karena Anda terlupa membayar utang tersebut? Tentunya, kejadian tersebut akan mengurangi keharmonisan hubungan Anda dengan supplier. Dengan menggunakan software, Anda akan diingatkan secara berkala tanggal jatuh tempo melalui fitur reminder.

4. Menghindari Double Pembayaran Hutang atau Double Penagihan Piutang

Penting untuk memiliki pencatatan yang akurat dan terorganisir tentang transaksi utang piutang. Pernahkah Anda mengalami kejadian supplier menagih utang padahal Anda sudah membayarnya? Atau kejadian sebaliknya, yaitu Anda menagih piutang padahal klien Anda sudah melunaskannya? Itulah yang akan terjadi jika pengorganisiran utang piutang Anda tidak baik. Hal tersebut pastinya tidak akan terjadi jika Anda menggunakan software untuk mencatat segala bentuk transaksi utang piutang secara jelas dan tersistem.

Itulah alasan-alasan mengapa UMKM membutuhkan software akuntansi untuk permasalahan utang piutang. Gunakan IPOS yang sudah terintegrasi dengan akuntansi untuk mempermudah Anda dalam mengatur permasalahan utang piutang secara efisien.

Pembuatan Laporan Keuangan Lebih Mudah dengan Software IPOS

Untuk mendukung para pengusaha membuat laporan keuangan yang akurat dan fleksibel, Software IPOS memiliki fitur Laporan Keuangan yang dapat menyediakan Laporan Keuangan dengan cepat, mudah dan akurat. Software IPOS adalah Software Point of Sales yang sudah terintegrasi dengan Software Akuntansi.

Foto-Produk-IPOS

Fitur Program IPOS sangat lengkap yaitu terdiri dari: laporan keuangan lengkap, master data, penjualan, pembelian, perakitan, persediaan, dan lain sebagainya. Tunggu apalagi? Yuk, gunakan Program IPOS untuk mengelola akuntansi bisnis Anda.

Coba gratis IPOS, di sini.

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4

Saya mau bertanya ke WhatsApp sales IPOS

atau

Saya mau coba gratis IPOS

 

 

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 16.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off
Copyright © 2024 Trigonal Software