Kesalahan Memilih Software Akuntansi, Anda Wajib Tahu!

Kesalahan Memilih Software Akuntansi, Anda Wajib Tahu!

Kesalahan Memilih Software Akuntansi, Anda Wajib Tahu – Software akuntansi akan membuat proses penghitungan keuangan di perusahaan Anda lebih mudah. Di tengah tuntutan bisnis yang serba cepat dan efisien membuat banyak perusahaan mempercayakan urusan accounting kepada accounting software. Aplikasi tersebut akan mampu menyajikan data dan juga laporan yang lebih akurat. Mengurus akuntansi secara manual sangat merepotkan, mulai dari input data, pembuatan laporan, buku besar, dan lain sebagainya. Dengan mempercayakan kepada software akuntansi  ini semuanya bisa berjalan secara otomatis, selain itu Anda akan bisa menghemat biaya operasional seperti kertas, tinta, bahkan Anda bisa lebih menghemat gaji staff akuntan.

Kesalahan Memilih Software Akuntansi

Namun seringkali tanpa sadar beberapa perusahaan saat akan menggunakan software akuntansi melakukan kesalahan sehingga membuat pengaplikasian software tersebut menjadi kurang maksimal. Agar hal tersebut tidak terjadi kepada perusahaan Anda ada baiknya jika Anda menghindari beberapa kesalahan berikut ini :

Tidak Sesuai dengan Kebutuhan Perusahaan

Dalam setiap proses akuntansi perusahaan, pasti terdapat kebutuhan yang berbeda juga. Misalnya, kebutuhan untuk menaikkan pendapatan, menyeimbangkan laba, hingga menghitung aset perusahaan.

Maka dari itu, kesalahan memilih software akuntansi yang pertama adalah memilih seenaknya tanpa memperdulikan kebutuhan dan tujuan tersebut. Dengan memahami kebutuhan tersebut, Anda bisa mulai mencari software akuntansi yang memiliki fitur untuk memenuhi kebutuhan dan tujuan Anda. Jadi penggunaan aplikasi akuntansi akan lebih efektif.

Tidak Memeriksa Kinerja Aplikasi Komputer Akuntansi

Kinerja software akuntansi juga harus rutin diperiksa. Banyak kesalahan terjadi karena pemilik usaha terlalu mempercayakan proses akuntansi pada aplikasi tersebut. Sehingga tidak mau tahu apakah proses sudah benar atau belum.

Meskipun human error akan sangat kecil terjadi dengan software akuntansi, melakukan review atau pemeriksaan kinerja software akuntansi juga diperlukan. Hal ini bisa meningkatkan kinerja team dengan melakukan peningkatan kerja software akuntansi.

Memilih Aplikasi On-Premise

Yang dimaksud dengan aplikasi on-premise adalah aplikasi yang sistemnya tidak tersimpan di cloud system atau sebuah aplikasi yang sistemnya hanya bisa diakses oleh orang yang bersangkutan.

Ini akan menyulitkan kinerja team yang berhubungan dengan aplikasi akuntansi perusahaan. Aplikasi akuntansi harusnya bisa diakses dengan cepat dan mudah. Kemudahan akses akan menghasilkan kecepatan kinerja yang efektif.

Mengabaikan Keamanan Software

Keamanan software adalah hal yang sangat penting. Dalam software tersebut akan menyimpan data-data penting perusahaan yang tidak seharusnya dibocorkan oleh siapapun. Keamanan software harus menjadi pertimbangan penting dalam memilih software akuntansi.

Anda akan memilih software akuntansi yang merekam setiap data keuangan perusahaan Anda. Maka dari itu, pemeriksaan keamanan software harus dilakukan dengan cara yang tepat agar data Anda tidak mudah bocor ke orang lain dan berakibat fatal untuk perusahaan Anda.

Tidak Memerhatikan Vendor

Vendor sangat penting diperhatikan terutama urusan software. Vendor harus memiliki kredibilitas dan juga legalitas yang bagus. Jangan sampai mendapatkan vendor yang kredibilitasnya buruk karena mereka bisa memberikan Anda software dengan fungsi kurang bagus.dan support yang kurang memadai. Bahkan dikhawatirkan Anda mendapatkan software illegal dimana akan membuat data Anda tidak aman tersimpan di dalamnya.

Untuk bisa meningkatkan performa di bagian akuntansi, hindari kesalahan-kesalahan yang telah disebutkan di atas agar Anda bisa mendapatkan software akuntansi yang benar-benar terbaik untuk perusahaan Anda. Memilih software akuntansi yang tepat memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Oleh sebab itu luangkanlah waktu lebih banyak sebelum melakukan pembelian software tersebut.

Apapun bisnis Anda, Software Akuntansi IPOS bisa membantu Anda untuk membuat laporan-laporan akuntansi.Bisa dipakai di toko bangunan, toko kelontong, mini market, grosir, toko online, distributor, dll

Coba gratis software akuntansi Ipos di sini untuk memahami bagaimana Ipos bisa menjadi software terbaik untuk bisnis Anda.

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 4, IPOS 5

 

Saya mau bertanya ke WhatsApp sales IPOS

atau

Saya mau coba gratis IPOS

 

 

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 16.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off
Copyright © 2024 Trigonal Software