Kesalahan yang Harus Dihindari Pengusaha Pemula

Kesalahan yang Harus Dihindari Pengusaha Pemula

Kesalahan yang Harus Dihindari Pengusaha PemulaSebagai pengusaha pemula, Anda pasti mengalami beberapa kendala seperti keterbatasan budget dalam hal promosi dan marketing bagi usaha Anda. Padahal Anda pastinya berharap adanya perkembangan dari bisnis Anda denga modal seadanya tersebut. Sayangnya pada saat menjalankan usaha, sering ditemukan kesalahan yang kerap dilakukan pengusaha pemula.

Menurut Statictic Brain, 25% dari bisnis baru akan gagal di tahun pertama mereka. Angka ini menjadi semakin suram pada akhir lima tahun pertama kepemilikan bisnis. Untuk menghindari kesalahan-kesalahan tersebut, berikut ini akan kami berikan 9 kesalahan yang harus dihindari oleh para pengusaha pemula.

9 Kesalahan yang Harus Dihindari Pengusaha Pemula

1. Mencoba melakukan segalanya sendiri

Dibanding mendelagasikan ke orang lain, Anda cenderung mencoba melakukan semuanya sendiri dengan sempurna. Pada akhirnya, ini menyebabkan pekerjaan yang diselesaikan menjadi lebih sedikit.

2. Memulai tanpa mengetahui dasar-dasarnya

Menjadi siap bukan berarti Anda mengetahui masa depan, tetapi bahwa Anda memahami beberapa dasar manajemen dan dasar bisnis untuk mempercepat proses belajar Anda. Sebaiknya, pelajari dasar-dasarnya terlebih dahulu.

3. Membiarkan orang lain membawa Anda down

Akan selalu ada orang yang bersedia menjatuhkan Anda, dan pada saat Anda membiarkan mereka mempengaruhi pikiran, perspektif ataupun kepercayaan diri Anda, pada saat itulah Anda mulai gagal. Membiarkan ketakutan, ketidakpercayaan, dan negativitas orang lain  merubah Anda menjadi perisimis dan meragukan diri sendiri merupakan kesalahan yang perlu dihindari.

4. Kurangnya hubungan kerja yang jelas dengan para mitra

Tidak menetukan hubungan kerja yang terukur dengan co-founder di awal berdirinya perusahaan dapat menggagalkan semuanya. Sedini mungkin, Anda perlu untuk mendefinisikan pemahaman tentang tanggung jawab, ekspektasi, dan pengambilan keputusan akhir.

5. Mempercayai dengan buta

Pastikan Anda berhati-hati tentang siapa partner atau co-founder Anda dalam memulai bisnis dan konfirmasikan bahwa Anda memiliki transparansi penuh pada semua transaksi perusahaan. Jangan terlalu mudah untuk percaya.

6. Berusaha untuk memulai perusahaan kedua

Memulai perusahaan kedua ketika Anda siap adalah hal yang hebat. Namun, jangan sampai Anda menginvestasikan banyak waktu dan uang ke dalam bisnis baru ketika bisnis utama Anda masih membutuhkan uang dan waktu tersebut. Jika ada bagian dari bisnis pertama Anda yang tidak dapat berfungsi tanpa keterlibatan Anda, maka Anda belum siap.

7. Membuat blunder di media sosial

Pikirkan dua kali sebelum memposting sesuatu ke media sosial yang Anda tidak yakin.

8. Tidak bisa beradaptasi.

Untuk menjadi sukses di pasar yang selalu berubah saat ini, Anda perlu belajar beradaptasi. Jika Anda tidak beradaptasi dan menempatkan terlalu banyak harapan pada satu produk atau layanan, Anda tidak akan pernah berhasil. Hal ini ibarat Anda meletakkan semua telur  dalam satu keranjang. Sebagai gantinya, Anda perlu menguji, menguji dan menguji lagi. Cobalah berbagai produk dan solusi. Jelajahi opsi baru. Jalankan produk atau layanan yang sekarang terbukti dapat bekerja, namun selalulah siap untuk membuat perubahan di masa depan.

9. Berekspektasi dapat menjadi sukses dengan cepat

Jika Anda mengharapkan kesuksesan segera dari bisnis Anda, maka bersiap-siaplah untuk kecewa. Memiliki kepercayaan diri dan dorongan untuk sukses secepat mungkin adalah sesuatu yang baik, namun  Anda sebaiknya tidak mengharapkan hasil ini segera. Anda harus realistis tentang ekspektasi Anda dan mencoba bersabar. Salah satu alasan mengapa begitu banyak bisnis gagal sejak awal adalah karena para pengusaha kurang bersabar.

Nah, itu 9 kesalahan yang perlu dihindari oleh pengusaha pemula. Untuk mengembangkan bisnis, tentu Anda juga membutuhkan software. Salah satunya yaitu software akuntansi. Anda dapat mendownload software akuntansi IPOS disini.

References:

Sykes, Timothy. (2016, March 2). The 5 Biggest Mistakes Entrepreneurs Make. Retrieved from Entrepreneur: https://www.entrepreneur.com/article/271673

Young Entrepreneur Council. (2018, February 14). 11 Major Mistakes To Avoid As A New Entrepreneur. Retrieved from Forbes: https://www.forbes.com/sites/theyec/2018/02/14/11-major-mistakes-to-avoid-as-a-new-entrepreneur/#4398169f3a15

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4

 

Saya mau bertanya ke WhatsApp sales IPOS

atau

Saya mau coba gratis IPOS

 

 

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 16.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off
Copyright © 2024 Trigonal Software